Tiket Pesawat Mahal Bikin Kunjungan Wisata di Sleman Merosot Kawasan wisata kaliurang di lereng Gunung Merapi (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.Com - Jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Sleman merosot tajam selama bulan Ramadan 2019. Harga tiket pesawat yang mahal menjadi salah satu penyebabnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih mengatakan tingkat okupansi hotel hanya diangka 20 persen selama tiga minggu masa puasa. Bahkan tingkat okupansi hotel untuk masa liburan lebaran masih sekitar 60 persen.

“Tingkat okupansi hotel dari sekarang hingga tujuh Juni masih dikisaran 60 persen. Biasanya menjelang dan pasca Lebaran okupansi sudah 80 hingga 90 persen,” kata Sudarningsih pada Merahputih.com di Yogyakarta, Selasa (28/5).

Ia memperkirakan mahalnya tiket pesawat serta pemberlakukan cash bagasi pesawat menjadi faktor utama merosotnya kunjungan wisata. Akibat harga yang mencekik, masyarakat berfikir ulang untuk berpergian. Selain itu wisatawan pun enggan membeli banyak oleh-oleh dilokasi wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman Sudarningsih
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih (MP/Teresa Ika)

Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) terkena imbasnya. Dagangan mereka sepi pembeli.

“Para pelaku UMKM mengeluhpembelian cinderamata atau makanan khas berkurang.Karena adanya pembatasan berat bagasi,” jelas Sudarningsih.

BACA JUGA: Pimpinan KPK Nilai Pernyataan Bambang Widjojanto Soal Rezim Korup Keliru

Terungkap Alasan PDI Perjuangan Belum Bahas Nama Calon Menteri dengan Jokowi

Namun Dispar optimis kunjungan wisata pada moment Lebaran ini akan meningkat tajam dibandingkan tahun lalu. Dispar memperkirakan akan terjadi kenaikan 15 hingga 20 persen atau sekitar 400 ribu pengunjung saat liburan Lebaran 2019.

Selain itu Dispar Sleman otimis taget 9 juta kunjungan wisatawan selama 2019 bakal tercapai. Berdasarkan catatan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, jumlah kunjungan wistawan dari Januari hingga saat ini berjumlah 3,6 juta orang.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Kredit : patricia


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH