Tiket Kereta Api pada Liburan Natal Sudah Laku 90 Persen Kereta Api Ranggajati Express tujuan Cirebon - Jember resmi mulai beroperasi Selasa (1/11) (Foto: MP/Yohanes Charles)

MerahPutih.com - Tiket kereta api jarak jauh di wilayah Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur, untuk libur Natal sudah terjual sekitar 90 persen karena reservasi sudah dibuka 90 hari sebelum keberangkatan KA.

"Untuk tiket kereta api jarak jauh seperti KA Ranggajati relasi Jember-Cirebon, KA Logawa relasi Jember-Purwokerto, dan KA Sritanjung relasi Banyuwangi-Lempuyangan Yogyakarta untuk keberangkatan 22-24 Desember 2017 sudah terjual hampir 90 persen," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 9 Luqman Arif seperti dilansir Antara, Selasa (5/12).

Untuk kereta jarak menengah tujuan Surabaya seperti KA Mutiara Timur siang dan malam relasi Banyuwangi-Surabaya dan KA Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya untuk keberangkatan 22-24 Desember 2017 masih cukup banyak karena yang sudah terjual masih 50 persen.

"Tidak ada penambahan rangkaian KA untuk masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2018, namun PT KAI Daop 9 Jember menambah masing-masing satu gerbong rangkaian KA Mutiara Timur siang dan malam untuk kelas ekonomi dengan kapasitas 106 tempat duduk," katanya.

Menurutnya masa angkutan Natal dan Tahun Baru ditetapkan selama 17 hari yakni mulai 22 Desember 2017 hingga 7 Januari 2018 dan selama masa angkutan tersebut, seluruh pegawai PT KAI dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun dan tidak diperkenankan mengambil cuti tahunan.

"Untuk jumlah tempat duduk, setiap harinya PT KAI Daop 9 menyiapkan 5.692 tempat duduk yang terdiri dari 3.148 tempat duduk KA jarak menengah dan jauh, serta 2.544 tempat duduk untuk KA lokal," tuturnya.

Luqman memprediksi, meningkatnya okupansi penumpang kereta api tidak hanya terjadi pada keberangkatan di sejumlah stasiun wilayah kerja Daop 9 selama liburan Natal yang bersamaan dengan libur sekolah, namun penumpang juga meningkat saat tiba di sejumlah stasiun wilayah kerja Daop 9 sepanjang Kabupaten Pasuruan hingga Banyuwangi.

Sementara salah seorang warga Jember Hendry mengaku sudah memesan tiket kereta jauh-jauh hari untuk menuju ke Yogyakarta, agar tidak kehabisan tiket KA Sritanjung yang biasanya penuh saat musim liburan.

"Tahun lalu kami merayakan Natal di Purwokerto dan sempat kehabisan tiket kereta, sehingga menunda keberangkatan keesokan harinya menjelang Natal. Tahun ini, kami rayakan Natal di Yogyakarta dan sudah pesan tiket KA Sritanjung jauh-jauh hari karena kereta menjadi salah satu moda transportasi yang banyak diburu masyarakat, sehingga cepat habis saat liburan," ujarnya. (*)


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH