Tiket KA Balik Lebaran Madiun-Jakarta Habis Terjual Kereta Api. Foto: Net

MerahPutih.com - Tiket kereta api (KA) arus balik dari arah Daerah Operasional (Daop) 7 Madiun menuju Jakarta sudah terjual seiring tingginya minat calon penumpang yang menggunakan moda transportasi kereta saat Lebaran 2018.

"Dari pantauan kami, posisi 'seat' pada KA-KA dari arah Jawa Timur menuju ke Jakarta atau arus balik, mulai tanggal 17-21 Juni 2018, rata rata sudah habis. Itu berlaku baik untuk kereta eksekutif maupun ekonomi," ujar Manajer Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun Supriyanto di Madiun, Sabtu (24/3) seperti dikutip Antara.

Kondisi yang sama untuk KA dari arah Jakarta menuju ke Jawa Timur untuk keberangkatan tanggal 8-15 Juni 2018 rata-rata sudah penuh.

Sedangkan KA eksekutif dari Bandung menuju Jawa timur masih ada. KA-KA dari Madiun menuju Yogyakarta, Malang, dan Surabaya, untuk perjalanan tanggal 5-21 Juni 2018 beberapa masih ada,.

"Demikian juga untuk KA tujuan Bandung pada tanggal 17-21 Juni untuk kelas eksekutif masih ada. Namun penjualan bergerak terus," kata dia.

Dan, hari ini Sabtu (24/3), lanjut Supriyanto, sudah bisa dipesan tiket lebaran untuk keberangkatan tanggal 22 Juni 2018 atau H2+6 Lebaran. Tersedia sebanyak 24.526 kursi dari 44 perjalanan KA ke semua jurusan.

Untuk pemesanan tiket, PT KAI melayani selama 24 jam melalui berbagai cara. Di antaranya melalui aplikasi KAI Access, website, atau laman kai.id,contact center 121, gerai minimarket, jaringan PPOB, serta website, dan 'mobile' aplikasi dikelola mitra yang telah bekerja sama dengan KAI.

"Sedangkan loket di stasiun, hanya melayani pemesanan tiket mulai jam 09.00 hingga 16.00 WIB. Dan jika memesan melalui E-Kios di stasiun, maka bisa dilakukan mulai jam 05.00 WIB hingga 22.00 WIB," tuturnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat jangan memaksakan diri apabila belum mendapatkan tiket pada jurusan dan tanggal favorit. Apalagi sampai lewat calo sebab rawan tiket palsu.

Menurut dia, masih ada perjalanan KA tambahan lebaran yang mulai dibuka pemesanannya pada H-60. Untuk KA tambahan tersebut, PT KAI menyediakan sebanyak 7.272 tempat duduk per hari ke semua jurusan bagi calon penumpang.

Sementara, PT KAI (Persero) menetapkan masa angkutan Lebaran Tahun 2018 berlangsung mulai tanggal 5 Juni 2018 (H-10) sampai dengan 26 Juni (H+10).


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH