Tiket.com dan Kemenpar Bekerjasama untuk Hidupkan 15 Destinasi Wisata 'Branding' Menggenjot 15 destinasi wisata branding. (Foto: instagram@handjojo_wonoadi)

INDONESIA memiliki banyak destinasi wisata yang sangat beragam. Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) menerapkan 15 destinasi wisata branding. Di antaranya termasuk Bandung, Bali, dan Jakarta. Oleh karena itu, Kemenpar RI dan aplikasi penyedia tiket daring, tiket.com bekerjasama.

Kerjasama itu bertujuan untuk semakin menghidupkan 15 destinasi branding. Untuk meresmikan kerjasama itu, tiket.com menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kemenpar RI sebagai mitra resmi pemerintah. Wujud dari kerjasama itu, tiket.com dan Kemenpar RI luncurkan program #tiketWonderfulIndonesia.

Tujuan kerjasama ini agar dapat menarik turis lokal maupun mancanegata datang ke-15 destinasi wisata brading tadi. Terutama wisatawan milenial. "tiket.com dengan kemenpar punya marketbase yang kuat dari para milenial," ujar Gaery Undarsa, Co- founder tiket.com saat temu pers di Skye Restauratnt, Jakarta Pusat, Senin (4/3).

1. Fokus menyasar 15 destinasi wisata branding untuk generasi milenial

wisata tiket
Mengangkat 15 destinasi wisata branding. (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Melalui program Wonderful Indonesia tiket.com memusatkan untuk mengangkat 15 destinasi wisata branding. Fokusnya kepada wisatawan milenial. "Inbound traveler ke Indonesia 50% milenial," ujar Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya yang juga hadir dalam temu pers itu.

Limabelas destinasi wisata branding tersebut di antaranya ialah Bandung, Bali, Jakarta, Kepri (Kepulauan Riau), Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat. Makassar, Lombok, Banyuwangi, Danau Toba, dan Palembang, Labuan Bajo, dan Padang juga termasuk wisata branding itu.

2. Tiga pilar untuk semakin menggenjot 15 wisata branding

bandara
Bandara dipersiapkan lebih baik lagi. (Foto: Pexels/Skitterphoto)

Dalam menggenjot 15 wisata itu tiket.com dan Kemenpar RI akan membangun ekosistem program berupa 3 Pilar co-creation. Mulai dari super extraordinary efforts, extraordinary efforts dan ordinary efforts.

Untuk program super extraordinary efforts berupa Low Cost Terminal (LCT) dan Border Tourism. Pada Target border tourism akan menyasar turis yang membeli tiket pesawat menuju Pulau Batam. Para turis nantinya akan diberikan fasilitas free shuttle di Bandara Hang Nadim.

Sementara untuk extraordinary efforts wisatawan akan diberikan hot deals untuk tiket pesawat dan hotel di destinasi wisata branding. Terakhir, ordinary efforts merupakan bentuk publikasi co-branding dari sisi kreatif. Misalnya travel web series di kanal Youtube dan melalui tulisan di blog.

Untuk menjalankan semua program tadi, tiket.com juga akan bermitra dengan Generasi Pesona Indonesia atau GenPi. Kemitraan ini akan berdiri di bawah naungan kementerian pariwisata. (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH