Tiga Warganya Tewas dalam Serangan di Kabul, Menlu Inggris: Dibunuh Teroris Pengecut

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Sabtu, 28 Agustus 2021
Tiga Warganya Tewas dalam Serangan di Kabul, Menlu Inggris: Dibunuh Teroris Pengecut
Pasukan koalisi Inggris, koalisi Turki, dan Marinir AS saat mengevakuasi seorang anak di Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan, Jumat (20/8). (Sgt. Victor Mancilla/U.S. Marine Corps/H

Merahputih.com - Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab menyatakan ada tiga warga negaranya tewas dalam serangan di bandara Kabul pada Kamis (26/8). Tiga WN Inggris itu terdiri dari dua orang dewasa dan satu orang anak-anak.

"Ini adalah orang-orang yang tak bersalah dan menjadi sebuah tragedi bahwa ketika mereka berupaya menyelamatkan orang terkasihnya ke Britania Raya, mereka dibunuh oleh teroris pengecut," kata Raab sebagaimana dikutip Antara, Sabtu (28/8).

Baca Juga:

Demo di Depan Gedung UNHCR Ricuh, Imigran Afghanistan Gunakan Anak Sebagai 'Tameng'

Sementara, dua warga negara Inggris lainnya terluka dalam serangan tersebut. "Serangan keji kemarin menyoroti bahaya yang dihadapi oleh orang-orang di Afghanistan sekaligus memperkuat alasan kami melakukan semua yang kami bisa untuk mengeluarkan orang-orang," tandas dia.

Afghanistan. (Foto: Antara)
Afghanistan. (Foto: Antara)

Serangan yang juga menewaskan 13 pasukan AS dan sedikitnya 79 warga Afghanistan diklaim oleh dilakukan oleh kelompok ISIS. Afiliasi ISIS di Afghanistan, ISIS-Khorosan, muncul sebagai musuh negara Barat maupun Taliban.

Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace sebelumnya mengatakan bahwa Inggris tidak akan menerima orang lagi dalam evakuasi dari Kabul selain mereka yang sudah berada di dalam bandara.

Baca Juga:

Anak dan Perempuan Tidak Dididik, G7 Siap Tahan Dana Milik Afghanistan

Wallace menyebutkan Inggris sedang mempersiapkan 1.000 orang terakhir di lapangan terbang yang akan diangkut pada Jumat saat kehadirannya selama 20 tahun di Afghanistan berakhir. (*)

#Afgan #Afghanistan #Taliban #Teroris Taliban #ISIS #Inggris #Dubes Inggris
Bagikan
Bagikan