Tiga Warga Kepri Diduga Positif Difteri Ruang rawat inap pasien menderita penyakit difteri di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin, Banda Aceh, Senin (11/12). (ANTARA FOTO/Ampelsa)

MerahPutih.com - Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau mengidentifikasi tiga orang yang diduga menderita difteri.

"Ada tiga orang suspect, satu orang di Kabupaten Karimun dan dua orang di Kabupaten Bintan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yuduana di Batam, Kamis (14/12), dilansir Antara.

Terduga difteri di Kabupaten Karimun kini diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah M Sani dan dua terduga asal Bintan dirawat di ruang isolasi RSU Provinsi Kepri dan RS Angkatan Laut Dr Midiyato di Tanjungpinang.

Dinas kesehatan telah membawa sampel kultur tenggorokan ketiga terduga difteri ke RS Cipto Mangunkusumo Jakarta untuk diperiksa apakah benar mengandung difteri.

Ia menjelaskan ada beberapa tahap pemeriksaan sampai seseorang dinyatakan positif difteri.

"Mereka masih dirawat di ruang isolasi dan tidak kami izinkan keluar sebelum diketahui positif atau negatif. Mudah-mudahan negatif," kata dia.

Pemeriksaan membutuhkan waktu dua pekan dan diharapkan 10 hari lagi selesai.

Ia mengatakan terduga difteri di Kepri tidak hanya anak-anak, melainkan dewasa. Bahkan seorang terduga berusia 40 tahun.

"Ada yang dewasa, usia 40 tahun dari Kijang, Bintan. Sekarang trennya tidak untuk balita saja, tapi mengarah dewasa," kata diia di tengah-tengah kunjungan Menteri Puan Maharani. (*)


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH