Tiga Wakil Indonesia di Kompetisi Asia 2018 Logo AFC. Foto: Ist

MerahPutih.com - PSSI telah mengeluarkan surat keputusan soal tiga wakil Indonesia yang bermain di kompetisi Asia musim depan. Surat itu dikeluarkan berdasarkan keputusan Rapat Anggota Eksekutif (Exco) Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada beberapa waktu yang lalu di Bangkok, Thailand.

Dalam surat bernomor 3639/AGB/595/XL-2017, memastikan bahwa Bali United FC sebagai wakil Indonesia di Kualifikasi Liga Champions Asia 2018. Lalu ada Persija Jakarta dan Madura United FC yang mewakili Indonesia di Piala AFC 2018.

Namun dalam hal ini, jika Bali United gagal di Kualifikasi Liga Champions Asia, maka Madura United tidak bisa berlaga di Piala AFC. Sebab, Bali United yang menemani Persija di Piala AFC 2018. Hal itu sesuai regulasi dari AFC.

“Terkait dengan pelaksanaan AFC Competitions 2018 maka bersama ini disampaikan surat edaran AFC perihal mekanisme pengundian AFC Champions League 2018 dan AFC Cup 2018 baik babak awal, play-off, dan penyisihan grup. Sebagaimana diketahui Indonesia akan diwakilkan oleh Bali United (Play-off AFC Champions League 2018), Persija Jakarta (AFC Cup 2018), dan Madura United (AFC Cup 2018-cadangan). Keputusan itu sesuai dengan hasil assessment club licensing 2017 terhadap kelayakan klub sesuai standard AFC,” tulis surat PSSI.

“Sesuai dengan panduan dari AFC maka disampaikan sebagai berikut. Apabila Bali United berhasil di babak play-off AFC Champions League 2018, maka Bali United akan bermain di AFC Champions League 2018 dan Persija Jakarta bersama dengan Madura United bermain di AFC Cup 2018. Dan apabila Bali United tidak berhasil di babak play-off AFC Champions League 2018, maka Bali United dan Persija Jakarta akan bermain di AFC Cup 2018,” tulis surat itu menambahkan yang ditanda tangani oleh Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria.

Kepastian ketiga klub tersebut mewakili Indonesia di kompetisi Asia, dikarenakan ketiganya memiliki lisensi AFC sebagai syarat untuk utama untuk berlaga di Liga Champions Asia dan Piala AFC. Sebelumnya, juara Liga 1 mewakili Indonesia di Kualifikasi Liga Champions Asia, dan peringkat kedua serta ketiga terjun di Piala AFC.

Akan tetapi, karena sang juara Liga 1 Bhayangkara FC serta PSM Makassar yang finis di posisi ketiga tidak memiliki lisensi AFC, maka jatah keduanya jatuh kepada Bali United, Persija, dan Madura United.

Bali United terlebih dahulu melakukan laga play-off melawan perwakilan Singapura, Tampines Rovers FC, pada 16 Desember mendatang. Sementara itu, babak drawing grup untuk Piala AFC 2018 akan digelar pada Rabu (6/12).

Sumber: Bolaskor.com



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH