Tiga Tahap Pengembangan Sirkuit Internasional Sentul

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 19 Mei 2022
Tiga Tahap Pengembangan Sirkuit Internasional Sentul
Kejurnas Balap Motor Bebek Piala Presiden 2021 di Sirkuit Sentul, Babakan Madang Kabupaten Bogor, Minggu (12/12/2021). ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar/am.

MerahPutih.com - Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, akan dilakukan pengembangan dalam waktu dekat ini, agar sirkuit yang pernah menjadi tuan rumah MotoGP 1997 bisa kembali menggelar balapan internasional.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengatakan, pengembangan Sirkuit Sentul akan dilakukan dalam tiga tahap. Pada tahap awal akan memperbaiki berbagai fasilitas yang sudah ada, seperti lintasan hingga sarana dan prasarana pendukung seperti paddock dan sebagainya.

Baca Juga

Tak Setuju Saran Komisi D Soal Lokasi Formula E, Taufik: Sentul Itu Bukan Jakarta

Pada tahap kedua akan membangun beberapa fasilitas tambahan seperti entertainment zone, fast zone, hotel zone, hingga waterfront zone. "Pada tahap kedua ini akan dibangun sejumlah fasilitas modern berstandar internasional," ujar Bambang dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (!8/5)

Kemudian, pada tahap ketiga akan mengembangkan berbagai sarana dan prasarana yang telah dibangun menjadi semakin baik dan berdaya guna.

Desain Sirkuit Internasional Sentul. Foto: Wikipedia

Pria yang akrab dipanggil Bamsoet menjelaskan, desain pengembangan Sirkuit Internasional Sentul akan dilakukan oleh konsultan internasional Populous yang telah memiliki rekam jejak mendesain arena motorsport di berbagai negara di dunia.

Baca Juga

DPD Desak Pemkab Bogor Tidak Ikut Eksekusi di Sengketa Pertanahan di Sentul

Hasil desainnya antara lain di Silverstone Circuit, Alabama Motorsports Park Circuit, Dubai Autodrome and Business Park, The Circuit of Wales; hingga The London Grand Prix.

Bamsoet selaku ketua umum IMI bersama pengelola Sirkuit Internasional Sentul yang dipimpin Tinton Suprapto terus mematangkan rencana pengembangan tersebut.

Menurut dia, tim sedang merumuskan total anggaran biaya yang dibutuhkan, untuk kemudian dibawa dalam rapat bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Dalam persiapan pengembangan Sirkuit Internasional Sentul itu, pengelola bersama IMI Pusat Gubernur Jawa Barat, mengundang para pelaku usaha otomotif dan lainnya yang memiliki pabrik dan kantor di Jawa Barat untuk menghadiri kegiatan fundraising Race In A Lifetime, untuk mendukung. (*)

Baca Juga

Berapa Sih Harga Sewa Sirkuit Sentul?

#Bambang Soesatyo #Sirkuit Sentul
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan