Tiga Ritual Sederhana untuk Kembali 'Fresh' Setelah Seharian Menatap Layar Komputer Istirahat sejenak setelah seharian menggunakan komputer (Foto: Pexels/Eugene Chystiakov)

SUDAH berjam-jam kamu duduk di depan layar komputer. Minum saja enggak sempat. Yang kamu lakukan hanya mengetik, browsing, cek sosial media, dan balik lagi. Jika begitu terus. Kamu akan mengalami risiko kesehatan.

Otak kamu bakal tegang. Sendi-sendi otot juga terganggu. Mata kamu juga terasa sakit. Oleh karena itu. Kamu perlu istirahat sejenak. Ada tiga ritual sederhana yang bisa kamu lakukan. Untuk membuat kamu kembali fresh. Demikian melansir laman Elle.

1. Aplikasikan krim mata

Krim mata
Pastikan wajah kamu sudah bersih sebelum mengaplikasikan krim mata (Foto: Pexels/Burst)

Layar komputer memaparkan cahaya biru yang dapat mempengaruhi tidurmu. Bahkan bisa menimbulkan penyakit. Kulit kamu bisa keriput dan tua sebelum waktunya. Oleh karena itu. Aplikasikan krim mata untuk mengurangi tanda-tanda penuaan.

Cara memakainya juga mudah dan enggak perlu banyak-banyak. Tempatkan titik-titik krim mata di bawah mata kamu. Kemudian usap dengan lembut sampai benar-benar terserap. Ingat pastikan kamu juga sudah mencuci wajah sebelum menggunakan krim mata.

2. Lakukan latihan mata

Latihan mata membuat mata kamu kembali rileks (Foto: Pexels/Jan Krnc)

Sebuah studi yang diterbitkan oleh International Journal of Health Sciences. Menemukan lebih dari 70% orang mengalami masalah mata gara-gara terlalu lama menatap layar komputer. Supaya kamu enggak begitu. Kamu bisa melakukan latihan mata yang simple.

Menurut National Institutes of Health. Latihan mata dapat membantu memerangi gejala mata seperti ketegangan, penglihatan kabur, sakit kepala, hingga mata kering yang dapat mengganggu aktivitas tidurmu.

Baca juga:

Modal Permen Karet Kamu Bisa Mendapatkan Manfaat Kesehatan Luar Biasa

Bagaimana cara melakukan latihan mata? Pegang jari agak jauh dari mata dan fokus penglihatan kamu ke jari. Tanpa mematahkan fokus, jauhkan jari dari wajah kamu. Setelah lengan kamu menjauhi wajah kamu. lihat dinding di belakang jari kamu.

Kemudian kembali fokus melihat jari kamu dan gerakkan ke arah wajah . Rilekskan mata kamu dan ulangi langkah ini beberapa kali.

3.Bersantai dengan pose yoga restoratif

Yoga
Yoga memperbaiki kualitas tidur (Foto: Pexels/Burst)

National Sleep Foundation mengatakan bahwa orang yang melakukan yoga di malam hari. Akan membuat mereka tidur lebih lama dan lebih cepat tertidur. Pose yoga restoratif membantu relaksasi dan dapat meredakan ketegangan dan stres.

Lakukan gerakan berlutut di lantai dengan jari-jari kaki kamu menyentuh. Duduklah di atas tumit, dan rentangkan lutut kamu selebar mungkin. Kemudian berbaringlah di tubuh kamu dan rentangkan tangan di depan. Posisi dahi kamu juga harus menyentuh lantai.

Bagaimana sahabat Merah Putih. Gampang banget kan caranya? (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH