Tiga Rangkaian Kereta Tunggu Sertifikasi Sebagai Kereta Tambahan Lebaran Kereta Api milik PT KAI (Foto: Instagram/keretaapikita)

Merahputih.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyatakan ada tiga rangkaian kereta atau trainset yang masih dalam proses sertifikasi. Nantinya, tiga trainset itu dioperasikan sebagai kereta tambahan untuk angkutan Lebaran 2019.

Ketiga rangkaian kereta ini juga merupakan bagian dari seluruh kereta yang dipesan KAI dari PT INKA pada tahun lalu. Jumlah kereta yang dipesan tahun 2018 berjumlah 38 rangkaian yang terdiri dari 438 kereta.

"Ada beberapa 'trainset' yang akan datang dari INKA. Kereta baru itu belum bisa langsung dioperasikan, karena harus kita sertifikasikan terlebih dahulu," kata Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro, Minggu (25/2).

Sementara itu, Kepala Humas PT KAI (Persero) Agus Komarudin merinci bahwa dari pemesanan total 38 trainset, 26 trainset di antaranya sudah beroperasi, 3 trainset sudah selesai produksi dan masih tahap uji sertifikasi. Sementara itu, sisanya 9 trainset masih diproduksi di pabrik PT INKA Madiun, Jawa Timur.

"Ada tiga trainset yang masih uji sertifikasi diharapkan sudah beroperasi untuk Lebaran nanti," jelas Agus dikutip Antara.

Untuk masa angkutan Lebaran 2019, KAI menyiapkan 356 kereta api (KA) reguler dan 50 KA tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. Totalnya ada 406 KA dengan kapasitas 247.010 tempat duduk.

Sebanyak 50 KA Tambahan Lebaran tersebut terdiri dari 27 KA Eksekutif dan Bisnis, 11 KA Ekonomi Non PSO, 4 KA Ekonomi PSO, dan 8 KA yang memanfaatkan rangkaian idle.

KAI mulai membuka pemesanan tiket kereta Lebaran pada Senin (25/2) pukul 00.00 WIB untuk keberangkatan 26 Mei 2019 atau H-10 Lebaran. Sementara itu, 50 KA tambahan dan kereta pesanan dari INKA baru bisa dipesan mulai H-60.

"Nanti sebulan setelah ini, kami akan mengumumkan kembali karena ada beberapa trainset yang akan datang dari INKA. Kami belum tau berapa yang akan diterima, dalam artian sudah disertifikasi," kata Edi. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH