Tiga Rahasia Memiliki Menu Sarapan yang Sehat Sarapan pagi harus yang sehat (Foto: Pexels/Burst)

JIKA berbicara soal sarapan, banyak orang yang melewatkannya. Alasannya karena buru-buru. Atau beberapa orang enggak mau sarapan karena merasa belum terlalu lapar. Padahal sarapan itu penting banget.

Sarapan bukan sekadar membuat perut kamu kenyang. Tapi dapat juga melancarkan pencernaan, meningkatkan metabolisme tubuh, hingga memberikan tubuh kamu nutrisi yang diperlukan. Dengan catatan, jika menu sarapan yang kamu konsumsi sehat. Kalau enggak sehat ya sama saja.

Sebenarnya menu sarapan seperti apa sih yang sehat? Melansir Today, Jessica Sepel, ahli gizi klinis yang berbasis di Australia mengungkapkan bagaimana cara memiliki menu sarapan yang sehat. Ada tiga rahasia bagaimana memiliki menu sarapan yang sehat.

Jadi apa saja sih tiga rahasia menu sarapan yang sehat?

1. Harus mengandung protein, lemak, dan serat

Protein bisa kamu dapatkan dari telur (Foto: Pixabay/stevepb)

Menu sarapan sehat harus mengandung makronutrien (protein, lemak, dan serat). Ketiga kandungan ini akan membuat perut kamu kenyang lebih lama. Sehingga kamu enggak akan mencuri-curi menyantap camilan lainnya sebelum jam makan siang. Kamu bisa mengonsumsi oatmeal, buah, telur, dan yogurt untuk menu sarapan kamu. Mudah kan menu-menunya?

2. Jangan mengonsumsi makanan manis

Karbohidrat dari makanan manis bisa bikin kamu mengantuk (Foto: Pixabay/Daria-Yakovleva)

Hindar makanan olahan dan kemasan seperti cereal. Jangan juga mengonsumsi kue saat sarapan. Terlebih makanan yang digoreng. Makanan-makanan tersebut memang mengandung karbohidrat dan membuat kamu memiliki ekstra energi. Tapi khasiat energi yang kamu dapat itu hanya 20 menit. Setelahnya kamu malah bisa merasa ngantuk. Yang ada kamu bisa ketiduran saat melakukan aktivitas di kantor.

3. Dipersiapkan malam sebelumnya

Persiapkan malam sebelumnya agar enggak terburu-buru (Foto: Pixabay/089photoshootings)

Karena kurangnya persiapan akhirnya kamu hanya mengonsumsi menu sarapan seadanya. Pagi-pagi kamu memang repot. Karena itu persiapkan menu sarapan kamu di malam sebelumnya. Kamu bisa menyimpan smoothie kaya protein, oat, puding chia, dan yogurt dengan buah di lemari es. Keesokan paginya kamu tinggal mengonsumsinya deh tanpa harus membuang waktu untuk menyiapkannya di pagi hari.

Bagaimana sahabat Merah Putih, mulai sekarang konsumsi selalu menu sarapan yang sehat ya! (ikh)

Baca juga: 4 Menu Sarapan Sehat dan Mudah untuk Hari Senin

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo