Tiga PR Krusial yang Harus Diselesaikan Mendag Zulhas

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 16 Juni 2022
Tiga PR Krusial yang Harus Diselesaikan Mendag Zulhas
Mendag Zulkifli Hasan saat melakukan sidak ke Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (16/6). Foto: Twitter/Official PAN

MerahPutih.com - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan resmi masuk ke dalam Kabinet Indonesia Maju. Dia menggantikan posisi Muhammad Lutfi, sebagai Menteri Perdagangan (Mendag).

Anggota Komisi VI DPR RI, Amin Ak menyampaikan selamat kepada pria yang karib disapa Zulhas itu atas penunjukannya sebagai Mendag yang baru.

Baca Juga

Sidak ke Pasar, Mendag Zulhas Mengaku Syok Semua Harga Kebutuhan Pokok Naik

Amin menilai, posisi Mendag sebetulnya kurang sesuai dengan rekam jejak Zulhas. Penunjukannya sebagai Mendag lebih karena faktor akomodasi politik daripada pertimbangan profesionalisme.

“Pemilihan menteri itu sepenuhnya hak prerogatif presiden. Kami sebagai mitra akan mendukung kebijakan yang baik dan berpihak pada rakyat. Sebaliknya kami akan mengkritisi kebijakan yang kami nilai tidak tepat,” ujar Amin dalam keterangannya, Kamis (15/6).

Lebih lanjut. Amin mengingatkan Mendag Zulhas menghadapi sejumlah pekerjaan rumah (PR) yang krusial dan menyangkut hajat hidup rakyat banyak.

Pertama, krisis minyak goreng yang belum usai hingga saat ini. Harga minyak goreng curah sampai saat ini masih bertengger di angka Rp 18.100 per liter, jauh di atas harga eceran tertinggi (HET) Rp 14.000 yang ditetapkan pemerintah.

“Pemerintah juga belum melaksanakan audit terhadap produsen CPO dan minyak goreng sebagai dasar perizinan ekspor. Kami minta hasilnya juga diumumkan secara terbuka,” tegasnya.

Baca Juga

Cerita Zulhas Ditawari Jokowi Jadi Menteri Perdagangan

Persoalan kedua, kata politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, stabilisasi stok dan harga bahan kebutuhan pokok yang saat ini melambung tinggi. Pemerintah tidak punya strategi yang mampu mengatasi persoalan stok dan harga pangan.

“Pengendalian pasokan dan permintaan bahan kebutuhan menjadi persoalan kronis yang terus berulang setiap tahun. Di musim panen harga pangan anjlok dan petani menangis. Sebaliknya di luar musim panen, konsumen dan pelaku usaha mikro menjerit karena harga pangan dan bahan baku usaha melonjak tinggi,” ujarnya.

Semestinya, lanjut Amin, dengan kemajuan teknologi saat ini, di mana hasil pertanian bisa disimpan lebih lama, maka stabilitas stok bisa lebih terjaga. Ini memang bukan semata menjadi tupoksi Mendag.

Persoalan ketiga, sistem distribusi dan tata niaga barang kebutuhan pokok yang sering kali di luar kendali pemerintah. Menurutnya, peran mafia pangan ataupun oligarki terasa makin kuat, seperti halnya pada kasus minyak goreng.

“Saya berharap Mendag yang baru bisa berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga lainnya untuk menyelesaikan pekerjaan rumah yang ada,” pungkasnya. (Pon)

Baca Juga

Mendag Zulhas Mengaku Sudah Bertemu dengan Pengusaha Kelapa Sawit

#Menteri Perdagangan #Zulkifli Hasan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan