Tiga Pos Pantau Pintu Air Siaga II, Warga DKI di Bantaran Sungai Diminta Waspada

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 19 Februari 2021
Tiga Pos Pantau Pintu Air Siaga II, Warga DKI di Bantaran Sungai Diminta Waspada
Ilustrasi Pintu Air (Foro: beritajakarta.go.id)

Merahputih.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau masyarakat di bantaran sungai untuk siaga banjir. Hal itu seiring meningkatnya tinggi muka air menjadi level siaga II di tiga pintu pos pantau, yakni Karet, Pasar Ikan dan Sunter Hulu.

DIkutip dari akun twitter BPBD DKI, @BPBDJakarta Jumat (19/2), data ketinggian air tersebut hingga pukul 06.00 WIB dan cuaca masih gerimis yakni untuk Pos Pantau Karet setinggi 570 sentimeter (cm) kondisi cuaca di lokasi masih gerimis.

Baca Juga:

Warga Ibu Kota Diminta Waspadai Hujan Petir dan Angin Kencang

Untuk ukuran normal ketinggian muka air di Pos Pantau Karet mencapai di bawah 400 cm. Adapun wilayah yang perlu melakukan antisipasi, Grogol, Jati Pulo, Karet Tengsin, Kota Bambu Utara, Kota Bambu Selatan, Petamburan dan Tomang.

Tinggi muka air Pos Pasar Ikan setinggi 204 cm, kondisi cuaca masih gerimis. Untuk ukuran normal ketinggian muka air di Pos Pasar Ikan mencapai di bawah 167 cm.

Adapun wilayah yang perlu melakukan antisipasi, imbuh BPBD DKI yakni, Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing dan Kalibaru.

Selanjutnya tinggi muka air di Pos Sunter Hulu setinggi 230 cm, kondisi cuaca di lokasi masih hujan. Untuk ukuran normal ketinggian muka air di Pos Pantau Sunter Hulu mencapai 100 cm.

Adapun sejumlah wilayah yang diminta waspada terkait kenaikan tinggi muka air di Pintu Air di Pos Pantau Sunter Hulu yakni Bambu Apus, Cilangkap, Pondok Ranggon, Setu Lubang Buaya, Pondok Bambu, Pondok Kelapa, Cipinang.

Selanjutnya wilayah, Cipinang Melayu, Cipinang Muara, Duren Sawit, Jatinegada Kaum, Kayu Putih, Pulo Gadung, Sumur Batu, Kepala Gading Barat.

Kemudian, Kelapa Gading Timur, Kebon Bawang, Rawa Badak Selatan, Rawa Badak Utara dan Sungai Bambu. Hujan telah mengguyur wilayah DKI Jakarta sejak Kamis (18/2), hujan masih berlangsung hingga Jumat.

Baca Juga:

BMKG Prediksi Wilayah Jakarta Akan Diguyur Hujan

Sebelumnya, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta masyarakat serta aparat bersiaga menghadapi prediksi banjir oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek) pada 19-20 Februari 2021 mendatang.

"Kita hadapi dengan bijak, tenang, sabar, kita sinergi positif, kolaborasi, itulah tugas kita melakukan pencegahan," kata Riza di Jakarta, Kamis. (Asp)

#Pintu Air Manggarai #Banjir
Bagikan
Bagikan