Tiga Petualangan Perut Bumi Paling Menakjubkan di Indonesia, Berani Masuk? Goa Leang Pute, Maros. (Foto: instagram.com/indankenak)

KEMENTERIAN Pariwisata melansir 15 destinasi petualangan terbaik di Indonesia. Ke-15 destinasi terbagi dalam tiga kategori utama, yakni Petualangan Nusa (mendaki gunung dan jelajah gua), Petualangan Tirta, dan Petualangan Dirga.

Di antara destinasi alam tersebut, salah satu yang wajib dicoba bagi para petualang yaitu telusur goa. Ada tiga goa rekomendasi Kemenpar yaitu Goa Buniayu, Goa Jomblang, dan Goa Maros.

Meski ada banyak wisata goa di berbagai daerah, dengan keunikan dan tantangannya sendiri, ketiga goa rekomendasi Kemenpar ini tak boleh diremehkan. Ketiganya sudah sangat terkenal di kalangan para petualang baik lokal maupun mancanegara.


1. Gua Buniayu

Gua Buniayu. (Foto: instagram.com/buniayucave)
Gua Buniayu. (Foto: instagram.com/buniayucave)

Goa Buni ayu terletak di Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Sukabumi, Jawa Barat. Goa ini disebut juga dengan nama Goa Cipicung. Goa ini dikenal sebagai goa dengan sistem jaringan terbaik se-Asia Tenggara. Terdapat 80 goa makro dan ribuan goa mikro.

Buat kamu pencinta goa wajib menjajal trek luar biasa Goa Buniayu. Kedalaman goa ini mencapai 3.300 m dengan ketinggian mulut goa 650 mdpl. Musim kemarau merupakan waktu terbaik untuk menikmati indahya Goa


2. Goa Jomblang

Goa Jomblang. (Foto: instagram.com/yumi269)
Goa Jomblang. (Foto: instagram.com/yumi269)

Goa Jomblang terletak di Duku Jetis Wetan, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dikutip Arah Destinasi, goa di pegunungan kapur ini terbentuk dari runtuhnya permukaan tanah ke dalam bumi jutaan thaun lalu, kemudian membawa seluruh vegetasi ke dalam lubang sedalam 60 meter dengan diameter 50 centimeter.

Goa Jomblang merupakan destinasi petualangan wajib di Yogyakarta. Goa ini terhubung dengan lorong horizontal sepanjang 300-500 meter dengan gua vertikal sedalam 90 meter bernama Goa Grubug.


3. Gua Maros

Goa Leang Pute. (Foto: instagram.com/agit45)
Goa Leang Pute. (Foto: instagram.com/agit45)

Goa Maros merupakan destinasi petualangan telusur goa terkenal di Indonesia. Terletak di Desa Leang-Leang, Maros, Sulawesi Selatan, dan masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Batimurung Bulsaraung. Di sana terdapat banyak sebaran goa di antaranya Goa Leang Pute yang merupakan goa vertikal terdalam di Indonesia.

Goa Leang Pute secara vertikal sedalam 260 meter dengan waktu untuk mencapai dasar goa hingga 1 jam. Direkomendasikan menggunakan pemandu profesional untuk menelusur goa satu ini. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Hacienda Na Xamena, Hotel Favorit Orang-Orang Eropa di Pulau Ibiza



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH