Tiga Pelatih yang Sukses Jinakkan Ketajaman Cristiano Ronaldo Cristiano Ronaldo. Foto: ROBERTO PARDO

MerahPutih.com - Liverpool akan menghadapi Real Madrid pada laga final Liga Champions di Olimpiyskiy National Sports Complex, Minggu (27/5) dini hari WIB. Menjelang pertandingan krusial, Jurgen Klopp tengah berpikir untuk mencari cara guna menghentikan penyerang andalan El Real, Cristiano Ronaldo.

Sampai saat ini, kapten timnas Portugal itu masih menjadi pencetak gol terbanyak dengan torehan 15 gol. Penampilan Ronaldo pada Liga Champions 2017-2018 adalah yang terbaik jika dibandingkan dengan edisi sebelumnya

Cristiano Ronaldo. Foto: AS

Melihat ketajaman pesepakbola 33 tahun itu, Klopp harus meracik strategi khusus demi meredam keganasan Ronaldo. Tetapi, hal itu bukanlah pekerjaan yang mudah. Juventus yang dikenal dengan pertahanan kokoh telah menjadi buktinya. Pada dua leg, Ronaldo tiga kali mengoyak jala gawang Gianluigi Buffon.

Akan tetapi, tidak ada gading yang tak retak. Ronaldo juga pernah menemui jalan buntu ketika menghadapi taktik atau pemain yang memang dipersiapkan untuk menjaganya. Klopp bisa mengambil ilmu dari ketiga pelatih ini jika tidak ingin Liverpool menjadi lumbung gol teranyar sang megabintang.

Berikut ini tiga pelatih yang pernah menjinakkan ketajaman Cristiano Ronaldo:



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH