Tiga Panggung Strategis Capres 2024 Versi Survei Poltracking Indonesia

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 25 Oktober 2021
Tiga Panggung Strategis Capres 2024 Versi Survei Poltracking Indonesia
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo . (MP/Ismail)

Merahputih.com - Lembaga Survei Poltracking Indonesia menggelar survei terkait elektabilitas calon Presiden 2024. Hasilnya, orang dengan latar belakang kepala daerah, menteri dan politikus bepotensi memenangi Pilpres 2024

"Terdapat tiga panggung strategis, yakni kepala daerah, menteri, dan politikus atau ketua umum partai yang mendapat sorotan publik dan dapat dikapitalisasi sebagai eskalator politik untuk capres 2024,” kata
Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda dalam rilis survei di Jakarta, Senin (25/10).

Baca Juga

[Hoaks atau Fakta]: Jokowi Deklarasi Dukungan Capres Bagi Ganjar Pranowo

Untuk jalur pertama, para kepala daerah di Pulau Jawa memiliki elektabilitas signifikan. Ganjar Pranowo berada di peringkat teratas dengan elektabilitas 18,2 persen disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 10,2 persen dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan elektabilitas 2,4 persen.

Sementara, elektabilitas nama-nama dari jalur menteri memang tidak terlalu tinggi apabila dibandingkan dengan para gubernur di Pulau Jawa. Nama teratas yakni Menparekraf Sandiaga Uno dengan elektabilitas 1,7 persen disusul Menteri BUMN Erick Thohir 0,2 persen.

Menhan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Menhan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.

"Nama Menhan Prabowo Subianto dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto masih beririsan dalam jalur ini," jelas Hanta.

Terakhir, jalur politikus atau pimpinan partai politik (parpol). Prabowo Subianto selaku ketua umum (ketum) Partai Gerindra memiliki elektabilitas 17,1 persen disusul Ketua DPP PDIP Puan Maharani dengan 1,5 persen, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 1,3 persen) dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto dengan 0,5 persen.

Baca Juga

Pasang Foto Profil Bareng Ganjar di Medsos, Gibran: Tidak Ada Kaitan Politik

Poltracking Indonesia menyelenggarakan survei nasional pada 3-10 Oktober 2021 dengan menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah sampel 1.220 responden dengan margin of error plus minus 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Knu)

#Survei #Hasil Survei #Poltracking Indonesia
Bagikan
Bagikan