Tiga Nutrisi Penting yang Tak Boleh Terlupakan Saat Diet Jangan lupakan nutrisi penting yang harus dipenuhi saat diet (Foto: pixabay/jarmoluk)

DIET memang tak dilarang dan sah-sah saja dilakukan, tetapi pastikan juga agar tubuhmu tetap mendapatkan asupan vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya. Untuk menurunkan atau menjaga berat badan, selain berolahraga, apa yang kamu makan atau tidak memiliki peran yang sangat penting.

Karena, diet penurun berat badan yang baik, merupakan diet yang tak hanya baik untuk lingkar perut atau pinggang, tetapi juga untuk bagian tubuh lainnya.

Baca Juga:

Diet Tanpa Olahraga? Ini Caranya

Selain itu, diet yang baik pun harus menawarkan banyak pilihan sehat, dan tak memerlukan daftar suplemen, atau bahan makanan tambahan yang mahal dan beragam. Tapi, walau kamu sedang diet mati-matian, usahakan agar berbagai nutrisi penting ini tetap masuk ke dalam tubuhmu, seperti yang dilansir dari laman alodokter.

Nutrisi penting yang pertama yakni Kalsium. Mineral yang satu ini membantu dalam membangun tulang serta gigi yang kuat. Selain itu kalsium juga memastikan pembekuan darah berjalan dengan normal, serta mengatur kontraksi otot, termasuk detak jantung.

Cukupi asupan serat saat diet (Foto: pixabay/publicdomainpictures)

Namun, sayangnya di saat tengah diet, tubuh berisiko tak mendapatkan asupan kalsium yang cukup. Padahal, salah satu penelitian menunjukan produk kaya kalsium tapi rendah lemak, bisa membantu mengurangi lemak tubuh. Meskipun masih belum dinilai efektif dalam mengurangi berat badan.

Baca Juga:

Cara Ampuh Dongkrak Semangat Kerja Usai Lebaran

Ada pula studi lainnya yang menunjukkan, bahwa kalsium bisa mencegah kelebihan berat badan dan obesitas. Adapun makan yang mengandung kalsium antara lain yakni susu, keju, yogurt, sayuran berdaun hijau, tahu, kacang kedelai serta ikan sarden.

Nutrisi penting yang kedua yakni serat. Makan lebih banyak serat mampu menurunkan berat badan secara sehat. Jadi, mereka yang mengonsumsi banyak serat, cendrung memiliki badan yang sehat.

Bahkan, makan lebih banyak serat dipercaya mampu menurunkan berat badan, hampir sebanyak yang dihasilkan oleh diet rendah lemak ramah jantung. Serat Diet itulah yang direkomendasikan oleh American Heart Association.

Makanan laut bisa jadi sumber protein (Foto: pixabay/publicdomainpictures)

Makanan tinggi serat cendrung bisa lebih mengenyangkan ketimbang makanan rendah serat. Dengan begitu kamu akan merasa kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit.

Selain itu, makanan tinggi serat cendrung rendah kalori. Itu artinya kamu tak perlu takut akan menjadi gemuk. Adapun makanan yang kaya akan serat seperti jagung, kacang merah, alpukat, kacang edamame, gandum utuh, nasi merah, buah pir, apel, oatmeal dan brokoli.

Nutrisi penting yang ketiga saat diet yaitu protein. Makanan tinggi protein bisa membantu mengendalikan berat badanmu. Menurut sebuah studi di Harvard, makan satu porsi makanan yang kaya akan protein seperti kacang polong, buncis atau lentil, bisa membuatmu kenyang. Selain itu berat badan juga lebih mudah dikendalikan.

Tapi, kamu cermatlah dalam memilih makanan yang mengandung protein. Jangan terlalu banyak makan daging merah atau daging olahan. Karena, meski makanan itu mengandung protein, berat badanmu justru bisa bertambah.

Sebaiknya kamu mengonsumsi protein dari kacang-kacangan, telur, biji-bijian, susu rendag lemak, makanan laut, kedelai, serta daging tanpa lemak.

Nah itu dia tiga nutrisi penting yang tak boleh terlupakan saat diet. Menurunkan berat badan sah-sah saja, tetapi jangan pernah melupakan kebutuhan tubuh akan nutrisi sehat dan seimbang. Terlebih lagi beberapa nutrisi seperti di atas, dipercaya bisa membantu diet kamu, stay healthy. (Ryn)

Baca Juga:

Tutorial Silaturahmi Virtual Kekinian Saat Pandemi Virus Corona

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH