Kecantikan

Tiga Manfaat Hyaluronic Acid yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 18 Agustus 2021
Tiga Manfaat Hyaluronic Acid yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
Manfaat hyaluronic acid yang belum diketahui. (Foto: Pexels/Ekaterina)

HYALURONIC acid atau asam hialuronat menjadi salah satu kunci untuk menjaga kulit wajah tetap terhidrasi dengan baik, mengurangi garis-garis halus, dan membuat kulit tampak lebih bercahaya.

Namun, tidak semua perawatan kulit yang mengandung hyaluronic acid dibuat sama dan dapat membuat kulit lembap. Sebab, ada pula yang justru membuat kulit menjadi kering. Ada tiga fakta yang mungkin belum kamu ketahui dari hyaluronic acid bagi kulit menurut Her World, antara lain:

Baca Juga:

Rawat Wajah Mumpung Umur Masih Kepala Dua


1. Manfaat hyaluronic acid bagi tubuh

Hyaluronic acid baik bagi tubuh. (Foto: Unsplash/Kelly Sikkema)


Tahukah kamu kalau sebenarnya hyaluronic acid juga diproduksi secara alami oleh tubuh? Namun seperti halnya kolagen, jumlah hyaluronic acid yang diproduksi secara alami di tubuh menurun seiring bertambahnya usia. Hal ini menyebabkan perubahan kondisi kulit yang lembut menjadi kering dan kasar. Kandungan hyaluronic acid dalam tubuh bayi lebih banyak jika dibandingkan dengan orang dewasa, sehingga kulit bayi cenderung lebih lembut dan kenyal.

Tak hanya penting bagi kulit, hyaluronic acid juga berfungsi untuk menjaga bagian persendian terlumasi. Dengan begitu, hyaluronic acid dapat mengurangi rasa sakit pada persendian dan dapat mendorong kamu untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan mudah.


2. Hyaluronic acid dapat digunakan oleh seluruh tipe kulit

Hyaluronic acid dapat digunakan oleh seluruh tipe kulit. (Foto: Unsplash/Audrey Fretz)


Hyaluronic acid dapat digunakan oleh semua orang, tanpa memandang usia maupun jenis kulit. Untuk kulit wajah orang dewasa, hyaluronic acid dapat memenuhi kelembapan yang dibutuhkan kulit. Sedangkan untuk kulit sensitif yang cepat merasa gatal, hyaluronic acid dapat menenangkan kulit serta mengurangi iritasi dan peradangan. Jika kamu memiliki kulit kering sekalipun, cairan ini dapat mengimbangi dan mengurangi produksi minyak pada wajah.

Baca Juga:

Tren Baru, Merawat Kulit dengan DNA Salmon

Hyaluronic acid dapat mempertahankan kelembapan kulit, sehingga membuat kulit terhidrasi dengan baik sepanjang hari. Selain itu, hyaluronic acid juga tidak mudah menyebabkan iritasi dan memicu reaksi alergi pada kulit.

Oleh karena itu, jika kamu ingin memiliki kulit yang tampak lebih sehat pastikan kulit wajah terus terhidrasi, sehingga kulit dapat memproduksi minyak dan air yang seimbang.


3. Hyaluronic acid dapat mencegah penuaan pada kulit

Hyaluronic acid dapat mencegah penuaan pada kulit. (Foto: Pexels/Alex Green)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, seiring bertambahnya usia, tubuh tidak hanya semakin sedikit memproduksi hyaluronic acid, tetapi juga kehilangan kekenyalan dan kekencangan kulit. Alhasil, muncul garis-garis halus pada wajah. Dalam kasus ini hyaluronic acid merupakan perawatan terbaik bagi wajah.

Selain itu, hyaluronic acid memiliki antioksidan yang tinggi, sehingga memampukan kulit untuk dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan menunda adanya tanda-tanda penuaan. (cit)

Baca Juga:

Jangan Lupa Merawat Kulit Saat #DiRumahAja

#Perawatan Kulit #Kecantikan #Tips Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan