Kecantikan

Tiga mahasiswi Sekolah Farmasi ITB Juara 1 pada HCC 2021

P Suryo RP Suryo R - Senin, 27 Desember 2021
Tiga mahasiswi Sekolah Farmasi ITB Juara 1 pada HCC 2021
Herbal digunakan pula dalam pembuatan kosmetik. (Foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiya)

KREATIF, itulah yang dilakukan oleh tiga srikandi ITB, Chelzsya Athaayaa Nurman, Rahmaditha Maharani B, dan Shafanisa Fadhila Andika.

Tiga mahasiswi Sekolah Farmasi ITB meraih ini juara 1 kompetisi Herbal Cosmetic Competition (HCC) 2021. Mereka keluar sebagai juara setelah membuat kosmetik berbahan herbal.

Baca Juga:

Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Suplemen Herbal

kosmetik
Chelzsya Athaayaa Nurman, Rahmaditha Maharani B, dan Shafanisa Fadhila Andika membuat kosmetik herbal. (Foto: dok. ITB)

Salah satu anggota tim, Chelzsya, mengatakan tertarik mengikuti lomba karena mereka sama-sama memiliki ketertarikan yang besar di bidang kosmetik dan keinginan untuk membuat kosmetik dengan formulasi sendiri.

“Awalnya kami ragu, karena pengetahuan terkait formulasi sediaan farmasi masih terbatas. Akhirnya kami pun membulatkan tekad untuk terus mengikuti lomba tersebut,” terang Chelzsya.

Di ranah alat kecantikan, kosmetik berbahan herbal digadang-gadang menjadi masa depan dunia kosmetik Indonesia kelak. Chelzsya dan kawan-kawan membuat inovasi produk berupa skincare herbal untuk kulit berjerawat. Produk tersebut dinamai 'Blissque'.

Produk skincare ini merupakan serum mikroemulsi yang memiliki kandungan ekstrak biji Calophyllum inophyllum (minyak Tamanu), Sunset in Jeju Oil, rose water, dan peppermint oil. Sebelumnya, tim telah melewati studi pustaka yang cukup panjang.

Baca Juga:

Camilan Herbal Indonesia Siap Menguasai Pasar Eropa

kosmetik
Kosmetik herbal yang sudah diterima oleh publik. (Foto: Unsplash/Christin Hume)

Timnya pun menemukan fakta bahwa kombinasi kandungan tersebut belum ada sebelumnya di pasaran. Karenanya, produk ini berpotensi besar untuk mengatasi jerawat pada acne-prone skin.

Setelah menyajikan produk yang telah jadi, timnya pun mempresentasikan proposal seputar serum tersebut. Secara garis besar, presentasi timnya menjelaskan perihal fungsi utama, formulasi, studi preformulasi, tahap pembuatan (formulasi) dan perkembangan formulasi, serta target konsumen dan nilai produk.

“Karena memiliki keinginan besar untuk mengembangkan produk lebih lanjut, kami juga memaparkan mengenai step actions yang akan dilakukan kedepan hingga mendapatkan nomor notifikasi BPOM serta sertifikat halal, strategi marketing, dan pembuatan kemasan,” jelas Chelzsya.

Herbal Cosmetic Competition merupakan ajang perlombaan untuk mahasiswa S1 Farmasi mengenai studi formulasi kosmetik yang diformulasikan dengan bahan-bahan herbal. Perlombaan ini diadakan oleh Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. Tahun ini, Herbal Cosmetic Competition mengangkat tema Natural Glow Up With Herbal in Era of Science and Technology. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Beberapa Fakta Menarik Tanaman Herbal, Dari Pengobatan Hingga Bahan Masakan!

#Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan