Tiga Lawyer Muda Ini Daftar Caleg Partai Solidaritas Indonesia

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Selasa, 31 Oktober 2017
Tiga Lawyer Muda Ini Daftar Caleg Partai Solidaritas Indonesia
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie. (MP.com/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Tiga lawyer muda mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk Pemilihan Legislatif 2019. Mereka adalah Rian Ernest, Surya Tjandra dan Dini Purwono.

Ketua Umum PSI Grace Natalie mengaku kehadiran tiga orang berlatar belakang hukum di PSI semakin memperkuat image keterbukaan partai muda ini.

"Sama-sama berprofesi sebagai lawyer, Rian, Dini dan Surya ini memiliki fokus berbeda," kata Grace melalui keterangan persnya, Selasa (31/10).

Dijelaskannya, sebagai seorang advokat Dini kerap menangani permasalahan hukum korporasi terkait investasi, pasar modal dan akuisisi selama 20 tahun belakangan. Ia sempat menjadi Senior Associate di firma hukum Hadiputranto, Hadinoto dan Partners (HHP) yang merupakan kantor koresponden dari firma hukum internasional Baker & McKenzie.

"Dia juga mantan staf Menteri Keuangan RI. Di tengah kesibukannya, ia meluangkan waktu untuk mengasuh rubrik Klinik Hukum yang terbit setiap Kamis di Harian Radar Semarang," terangnya.

Sementara itu, Surya adalah lawyer yang banyak membantu para buruh, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di ranah internasional. Ia tercatat sebagai Wakil Presiden International Center for Trade Union Rights, Inggris dan komisioner International Commisision for Labour Rights, sebuah organisasi buruh internasional di New York, Amerika Serikat.

Surya juga merupakan sosok penting saat pengesahan UU No. 24 tahun 2011 mengenai Badan Penyelenggara laminan Sosial (BPJS). Di sana, ia menjadi Koordinator Tim Pembela Rakyat untuk jaminan Sosial (KAJS) yang mengawal pengesahan UU tersebut.

Sedangkan Rian Ernest merupakan lawyer muda yang pernah menjadi staf hukum Basuki Tjahaja Purnama ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Selama bekerja dengan Ahok, Rian sering membantu menelusuri keanehan dari sisi hukum yang dilakukan dalam birokrasi Pemprov DKI. Dalam beberapa kesempatan, Rian juga sering menjadi whistle blower ke KPK atau Bareskrim Polri untuk tindak korupsi oknum PNS di DKI.

"Selain karier yang mentereng, ketiga sosok ini juga memiliki Iatar belakang akademis yang moncer," ujarnya. (Fdi)

#PSI #Grace Natalie
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan