Tiga Langkah untuk Tidur Nyenyak Hanya satu dari lima orang yang memiliki kualitas tidur yang baik. (Foto: pixabay/AndreaPalmieri)

SEBENARNYA tidaklah sulit untuk dapat tidur. Kebanyakan orang yang mengeluh tidak dapat tidur berasal dari dalam dirinya sendiri. Padahal tidur yang tidak berkualitas membuat kita di pagi hari menjadi lesu.

Menurut statistik yang dibuat National Bed Month yang dimuat dalam laman Mirror menunjukan dari lima orang hanya satu orang yang tidur sepanjang malam.

Ini menunjukan bahwa kebanyakan orang mengalami kesulitan tidur dan kualitasnya sangatlah buruk.

Langkah pertama adalah yang dibutuhkan sebenarnya adalah rutinitas waktu tidur dan mambuat diri Anda santai, terutama pikiran. Dengan demikian tidur pun akan jauh lebih baik lagi.

tidur
Lavender dapat membantu menenangkan pikiran. (Foto: pixabay/Hans)

Sebaiknya pada siang hari Anda harus memiliki kegiatan yang membuat tubuh bergerak. Usahakan mengerjakan sesuatu yang dapat menyalurkan energi dari dalam tubuh.

Selain itu otak Anda harus tetap beraktivitas dengan berbagai kegiatan yang membuat otak tetap terasah. Seperti membaca buku, mengisi Sudoku, menyelesaikan puzzle, belajar memainkan instrumen musik atau hobi baru.

Langkah kedua menunjukan tidak ada formula khusus yang dapat membuat Anda terlelap tapi dapat mengusahakan agar Anda dapat tidur dengan baik. Aroma lavender dapat membuat pikiran Anda menjadi lebih santai. Aroma terapi hadir dalam berbagai bentuk mulai dari yang semprot hingga berbentuk minyak yang dipanaskan.

tidur
Kamar tidur yang bersih dan rapih dapat membantu kualitas tidur. (Foto: pixabay/Free-Photos)

Matikan televisi, sinar birunya dapat merangsang otak untuk terus bekerja karena menganggap masih siang hari. Lebih baik setel musik intrumenta yang lembut. Jangan memutar musik yang ada liriknya, sebab otak akan bekerja jika mendengarkan lirik lagu.

Langkah ketiga, jangan lupa untuk mengatur kamar tidur Anda lebih nyaman ketika beristirahat. Usahakan tidak banyak barang-barang berantakan dan tidak pada tempatnya yang akan membuat istirahat Anda terganggu.

Kalau Anda mau dapat menggantikan alas tidur dengan busa pengingat bentuk yang akan membuat badan Anda menjadi lebih nyaman. Alas tidur yang akan membuat Anda terhindar dari rasa sakit ketika bangun di pagi hari.

Suhu ruangan harus Anda perhatikan pula. Suhu panas akan membuat Anda berkeringat dan membuat Anda terbangun di tengah tidur. Begitu juga dengan sirkulasi udara yang membantu membuat tubuh terasa jauh lebih nyaman. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH