Tiga Kota yang Disebutkan dalam Novel Bumi Manusia Novel Bumi Manusia. (Foto: Instagram @kumajas.jb)

NOVEL Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer belakangan menjadi perbincangan. Alasannya, novel yang menceritakan pemuda Jawa bernama Minke ini akan ditranformasikan menjadi bentuk visual.

Film yang akan diperankan oleh Iqbaal Ramadhan ini akan mengambil latar abad 18. Meski demikian lokasi syuting tak sama persis dengan novel. Pasalnya, sebagai sutradara Hanung Bramantyo memilih Yogyakarta untuk pengambilan gambar.

Di dalam novel Bumi Manusia sendiri ada beberapa tempat yang menjadi latar belakang cerita Minke. Penasaran dimana saja itu? Berikut 3 lokasi yang menjadi latar Novel Bumi Manusia.

Surabaya

(Instagram/samuel_linggawan)
(Foto: Instagram @samuel_linggawan)

Kawasan Wonokromo, Surabaya menjadi awal cerita di novel Bumi Manusia. Di tempat ini tinggal Tuan Tuan Herman Mellema dan Nyai Ontosoroh serta anak-anaknya. Di tempat ini pula Minke menjalin kasih dengan Annelies hingga akhirnya mereka menikah.

Minke juga sempat mengenyam pendidikan di Hogere Burger School (HBS) Surabaya. Sekolah ini adalah sekolah bergengsi yang diperuntukan bagi para bangsawan dan anak-anak bangsa Eropa.

Sidoarjo

(Instagram/alfirahmaaziz)
(Foto: Instagram @alfirahmaaziz)

Tokoh lain yang diangkat dari novel Bumi Manusia adalah Nyai Ontosoroh, ibu dari Annelies. Meski tokoh fiksi, Nyai Ontosoroh yang bernama asli Sanikem menggambarkan kehidupan seorang perempuan yang dijadikan gundik oleh sang ayah sehingga dijuluki Nyai.

Nah, wanita tegar ini berasal dari Sidoarjo. Kawasan ini adalah pabrik gula yang sangat besar. Letaknya sekitar 30 kilometer dari Kota Surabaya.

Blora

(Instagram/erwin_999t)
(Foto: Instagram @erwin_999t)

Blora, Jawa Tengah adalah tempat lahirnya Pramoedya Ananta Toer. Di sana banyak potensi wisata yang semakin berkembang hingga sekarang seperti Goa Terawang, Waduk Bentolo dan lain lain. Potensi lain dari Blora adalah Pertambangan minyak.

Nah di dalam kisah Bumi Manusia, diceritakan kalau Minke adalah anak dari Bupati B (Pramoedya hanya menuliskan huruf B). Beberapa akademisi mengartikan hurub tersebut sebagai Blora.

Sahabat Merah Putih, itulah tiga tempat yang disebutkan dalam novel Bumi Manusia. Akankah filmnya akan sebagus novel? kita nantikan saja.

Selain artikel ini kamu juga bisa baca Ini Masjid dengan Desain "Taman Surga", yang Viral di Dunia Maya

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH