Tiga Kota di Indonesia Bersaing Perebutkan Predikat The Most Loveable City Tugu Kujang Bogor

MerahPutih.com - Tiga kota di Indonesia yakni Bogor, DKI Jakarta, dan Balikpapan tengah bersaing dengan 46 kota di 24 negara untuk memperebutkan predikat kota paling dicintai di dunia atau "The Most Loveable City" 2018.

Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, berharap semua eleman PNS di lingkungan Pemkot memberikan dukungan agar kota Hujan bisa meraih predikat tersebut.

"Semua OPD di lingkungan Pemerintah Kota Bogor diharapkan melaksanakan peran dan fungsinya mengajak semua elemen untuk memberikan dukungan secara maksimal," kata Ade Sarip Hidayat, di Bogor, Sabtu (26/5)

Sekda secara khusus mengeluarkan pengumuman untuk mengajak semua elemen masyarakat, dan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mendukung secara total kompetisi ini.

Tugu Kujang Bogor

Persiapan dukungan untuk kompteisi "we love cities" ini dibahas dalam rapat koordinasi di ruang Sekda, Jumat kemarin. Dihadiri sejumlah kepala dinas terkait, dan perwakilan dari relawan "we love Bogor".

Ade mengatakan, keberhasilan Kota Bogor meraih predikat "The Most Loveable City" tahun 2016 ikut mendukung pembangunan di Kota Bogor. Sesuai dengan visinya menjadi kota jasa, yang menyediakan tempat untuk berwisata, olahraga, kuliner, dan beristirahat.

"Predikat yang diraih Kota Bogor tahun 2016 lalu dirasakan telah memberikan upaya signifikan bagi pembangunan," kata Ade seperti dilansir Antara.

Koordinator Earth Hours Kota Bogor, Reni menjelaskan, "We Love Cities" merupakan cabang dari kompetisi "Earth Hours Challenge" yang dilaksanakan oleh organisasi internasional WWF.

Ia mengatakan, kota dengan jumlah dukungan terbanyak akan dinobatkan sebagai "The Most Loveable City". Tahun 2016 lalu, Kota Bogor berhasil meraih predikat tersebut.

"Tahun ini Bogor bersama 49 kota dari 24 negara di seluruh dunia akan berkompetisi untuk meraih predikat tersebut," katanya.

Ia mengatakan, ada tiga kota yang mewakili Indonesia masuk nominasi yakni Jakarta dan Balikpapan.

Pada 2015 Balikpapan berhasil meraih predikat "The Most Loveable City", sedangkan Jakarta memenangkan kompetisi Capital City di tahun 2016.

Tahun ini, lanjutnya, Jakarta ikut mengejar predikat 'The Most Loveable City', dilihat dari jumlah dukungan dan postingan dengan tanda pagar 'we love Jakarta' sudah mencapai 2 juta.

"Saat ini Jakarta masuk peringkat lima besar dukungan, Kota Bogor masih tertinggal jauh, baru 230 ribu dukungan," kata Reni.

Pedesterian di Kota Bogor. Foto: Pemkot Bogor

Project Leader Relawan We Love Bogor, Deasy Manurung mengatakan, kompetisi dilaksanakan sejak 7 Mei sampai 30 Juni 2018.

Untuk mendukung suksesnya We Love Bogor 2018 dapat berpartisipasi dengan cara gunakan tagar #WeLoveBogor pada setiap update Instagram, Facebook dan Twitter. Kemudian klik "VOTE NOW" pada tautan welovecities.org/bogor (setiap 24 jam sekali) dan isi kolom saran "IMPROVE BOGOR" pada tautan welovecities.org/bogor.

"Kompetisi ini bukan sekedar memberikan dukungan (vote) saja, tetapi sejauh mana kepedulian masyarakatnya memberikan masukan kepada pemerintahanya," kata Deasy menambahkan.

Untuk tahun 2018 tema yang diusung adalah "Tunjukkan Bogor Pada Dunia". (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH