Kesehatan

Tiga Kebiasaan Sehat Ini Bisa Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

annehsannehs - Kamis, 07 Januari 2021
Tiga Kebiasaan Sehat Ini Bisa Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Luapkan stres untuk menjaga tubuh tetap sehat. (Foto- Pexels/Juliano Fereira)

PANDEMI COVID-19 menjadi pengingat bagi kita betapa pentingnya sehat. Kita dibuat lebih memperhatikan sanitasi, makan-makanan bernutrisi, dan rajin berolahraga. Semuanya demi menjaga kekebalan tubuh agar bisa melindungi kita dari segala macam virus dan penyakit.

Dilansir dari Women's Health Mag, berikut merupakan empat kebiasaaan sehat yang bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Baca juga:

Coba Malam Ini, 3 Posisi Tidur Ini Sangat Menyehatkan

1. Rutinitas tidur

tidur
Tidur yang cukup tiap hari (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Tidur setidaknya tujuh jam per hari merupakan hal terpenting untuk menjaga imunitas tubuh. "Data terbaik yang kita miliki adalah tentang bagaimana meningkatkan kekebalan tubuh dari tidur yang cukup," ungkap direktur dari Institute for Immunology di University of Pennsylvania, John Wherry, PhD.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Sleep, orang yang tidurnya enam jam atau kurang dari enam jam selama satu minggu 4x lebih berisiko terkena flu ketika musim virus. Dibandingkan mereka yang tidur lebih dari tujuh jam.

2. Luapkan stres

stres
Luapkan stres dengan berbagai kegiatan. (Foto: Pexels/Nathan Cowley)

Profesor imunologi di University of Manchester, Daniel M. Davis, PhD, mengatakan kepada Women's Health Mag bahwa stres dan banyak pikiran akan mendorong produksi hormon kortisol lebih banyak. Kortisol yang tinggi akan membuat sistem kekebalan tubuh kamu tidak seaktif biasanya.

Tubuh kamu akan mengerahkan seluruh tenaga dan sumber dayanya ke hal yang 'menurutmu paling mematikan', sehingga jaringan pelindung tubuh yang benar-benar akan melindungi tubuh dari bahaya malah diabaikan.

Jika kamu adalah orang yang pemikir dan mudah stres, sebaiknya temukan cara untuk meluapkannya dengan baik. Cari kegiatan yang bisa membuatmu tidak stres seperti bermain game, menulis jurnal, berolahraga, menyanyi, bermain alat musik, menggambar, memasak, dan lain-lain.

Jika pemberitaan COVID-19 membuatmu stres, kurangi intensitas membaca dan ikuti sumber berita yang benar-benar akurat dan informatif.

Baca Juga:

Mengenal Coronasomnia dan Cara Mengatasinya

3. Olahraga

Perbanyak Jadwal Lari Kamu (Foto Pexels/Marteen Van Den Heuvel)
Perbanyak Jadwal Lari Kamu (Foto Pexels/Marteen Van Den Heuvel)

Dilansir dari Women's Health Mag, sebuah penelitian menyimpulkan bahwa rutin berolahraga bisa mengatur kortisol (hormon stres) yang bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Daripada berolahraga mati-matian tetapi jarang. Lebih baik berolahraga ringan namun konsisten. Jangan lupa imbangi dengan makan makanan yang sehat dan penuh nutrisi. (SHN)

Baca juga:

Ternyata Kepribadianmu Bisa Melindungi Dari Serangan Penyakit

#Kesehatan #Info Kesehatan #Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan