Tiga Jamaah DIY Meninggal di Tanah Suci Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

MerahPutih.com - Sekitar 3.165 jamaah haji asal DIY akan tiba di Yogyakarta akhir pekan ini. Sebanyak tiga jamaah meninggal di tanah suci. Selain itu, satu haji juga belum bisa pulang karena masih dirawat di RS King Abdul Mekkah.

Humas Kemenag Kanwil DIY Bramma Aji Putra menjelaskan tiga jamaah yang meninggal dunia adalah Kusnan Abdul Hakim dari Kloter 30 asal Sleman, Supardi kloter 30 asal Sleman, dan Abdul Hadi Santoso kloter 25 SOC asal Sleman. Ketiganya meninggal diduga karena menderita penyakit usia lanjut. Ketiganya telah berusia di atas 68 tahun.

"Ada yang kena hipertensi, dan jantung. Tapi sudah komplikasi juga karena memang sudah pada tua. Waktu di tanah suci mereka juga masuk ke kelompok rentan," jelas Bram melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Senin (11/9).

Pihak Kemenag sudah memberi tahu keluarga dan sudah mengurusi surat-surat serta data-data kematian haji tersebut. Surat keterangan kematian (sertifikat of dead) akan diserahkan penyelenggara haji kepada keluarga saat tiba di Indonesia. Keluarga akan menerima santunan kematian dari asuransi jamaah haji sekitar Rp 15 juta - Rp 30 juta.

Sementara satu haji yang dirawat di RS King Abdulah menurut Bram karena terserang dehidrasi parah. Selain itu ada satu haji juga yang sakit strok.

"Haji tersebut dalam perjalanan pulang ke tanah air. Kami sudah siapkan ambulans yang akan menjemput di Bandara Adisoemarno," kata Bram yang tak menyebutkan asal haji yang sakit.

Ke-3.165 jamaah haji yang berangkat terbagi menjadi kloter 23-31. Selama di tanah suci, jamaah haji DI Yogyakarta didampingi Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) sebanyak 24 orang dan petugas kloter sebanyak 69 orang. Sehingga total dari DI Yogyakarta tahun haji ini mencapai 3.258 orang. Dari total ini, 36,19 persen jamaah berusia antara 51-60 tahun dan 34 persen berusia di atas 61 tahun. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Kisah Jamaah Haji Yang Hilang Karena Mencari Sang Istri Dan Akhirnya Ditemukan Wafat


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH