Tiga Hal Ini Hanya Didapat Oleh Para Pelajar Indonesia Yang Sekolah di Luar Negeri Sekolah di luar negeri bukan masalah gengsi. (Foto: Pexels/Pixabay)

PENDIDIKAN membuat kualitas hidup dan diri seseorang meningkat. Hal tersebut mendorong orang-orang untuk terus menempuh pendidikan setinggi mungkin. Beberapa di antaranya bahkan rela pergi ratusan mil dari orang-orang tercinta untuk sekolah. Commercial Service Amerika Serikat mencatat lebih dari 69 ribu mahasiswa Indonesia menempuh pendidikan di luar negeri, 9130 di antaranya berada di Amerika Serikat.

Sekolah di luar negeri bukan bicara mengenai gengsi. Selain ilmu pengetahuan, ada berbagai kelebihan yang didapatkan oleh mereka yang sekolah di luar negeri. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh HSBC Group, ada berbagai hal yang didapatkan oleh mereka yang bersekolah di negeri asing. Berikut kelebihan sekolah di luar negeri:

Baca Juga:

Berbagai Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah

1. Memperluas Pola Pikir

sekolah
Mendapatkan banyak perubahan pola pikir. (Foto: Pexels/Startup Stock Photos)

Pola pikir bisa berubah karena berbagai alasan. Ketika seseorang mengenyam pendidikan di luar negeri, ia berjumpa dengan pelajar lain yang memiliki latar belakang berbeda, budaya berbeda, dan kultur berbeda. Saat pelajar Indonesia berinterasi dengan masyarakat setempat atau pelajar lain, mau tidak mau pola pikir mereka berubah. Hal tersebut tentu tak didapat oleh pelajar Indonesia yang memiliki latar belakang hampir serupa," ujar Fransisca Kallista Arnan, Head of Marketing Retail Banking and Wealth Management, PT Bank HSBC Indonesia saat ditemui di Hotel Mulia, Jakarta Selatan, Rabu (18/9).

2. Keterampilan dan Pengetahuan Bertambah

sekolah
Atmosfir persaingan yang ketat. (Foto: Pexels/Pixabay)

Pada saat berkuliah di luar negeri, para pelajar bertemu dengan begitu banyak orang yang memiliki keterampilan dan pengetahuan di atas mereka. "Saat bertemu orang yang lebih pintar, para pelajar dituntut untuk dapat bersaing dengan mereka," jelas Kallista yang juga pernah menempuh pendidikan di luar negeri. Di ruang kelas, mereka juga harus presentasi dalam bahasa yang berbeda. Itu tentu melatih kepercayaan diri para pelajar Indonesia yang ada di luar negeri.


3. Menjadi Manusia Lebih Kuat

sekolah
Hidup dalam kemandirian, semua dilakukan sendiri. (Foto: Pexels/Stefan Lorentz)

Mereka yang berada di luar negeri harus berjuang di atas kakinya sendiri. Berbagai keperluan baik sisi akademis atau non akademis harus ditangani sendiri. "Mau nyuci, masak, atau apapun sendiri. Kemana-mana juga harus naik public transportation sendiri," jelas Kallista. Tak sedikit mahasiswa yang mencari pekerjaan sampingan untuk tambahan biaya hidup di luar negeri. (avia)

Baca Juga:

Membentuk Geng di Sekolah, Perlu Enggak Sih?

Kredit : iftinavia


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH