Tiga Awak Kapal Pesiar dari Amerika Ikut Mudik, Pemkot Solo Siapkan Karantina Khusus Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengecek logistik berupa sembako yang akan dibagikan warga kurang mampu terdampak Covid-19, Sabtu (4/4). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menegaskan sebanyak tiga
anak buah kapal (ABK) pesiar dalam waktu dekat akan mudik ke Solo, Jawa Tengah. Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19, Pemkot Solo telah menyiapkan tempat karantina khusus.

"Kia semua tahu Amerika saat ini masuk negara episentrum COVID-19, jadi harus waspada. Mereka akan tiba di Solo besok (Minggu)," ujar Rudy.

Baca Juga:

Jika Pemerintah Tak Tegas, Indonesia Bisa Masuk Lima Besar Penderita Corona di Dunia

Menurutnya, awak kapal itu pulang setelah melakukan pelayaran ke wilayah Amerika Serikat. Dinas Kesegatan Kota (DKK) Solo telah menjalin komunikasi dengan tiga awak kapal tersebut untuk persiapan karantina.

"Sudah terkonfirmasi ada tiga ABK habis berlayar dari Amerika Serikat. Apakah mereka ada gejala COVID-19 belum diketahui. Nanti setelah tiba akan langsung dijemput," kata dia.

 Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo. (MP/Ismail)
Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo. (MP/Ismail)

Dia melanjutkan, karantina dilakukan di tiga lokasi yang telah disediakan Pemkot Solo, yakni di Graha Wisata Niaga khusus bagi pemudik. Sedangkan Ndalem Joyokusuman dan Ndalem Priyosuhartan bekas rumah eks Kakorlantas Djoko Susilo khusus bagi orang dalam pemantauan (ODP).

"Alasan ketiga ABK itu mudik ke Solo karena Amerika saat ini telah menjadi epicentrum baru penyebaran penyakit COVID-19," kata dia.

Baca Juga:

Belasan Orang Ditangkap di Jakarta Pusat karena Hiraukan Larangan Berkerumun di Tengan Pandemi COVID-19

Rudy mengimbau bagi perantauan di dalam negeri agar menunda mudik terlebih dulu karena saat ini sedang terjadi pandemi COVID-19. Gubernur Jawa Tengah juga sudah menggeluarlan maklumat larangan warga perantauan asal Jawa Tengah mudik.

"Ya tunda dulu mudiknya jika tetap nekat saya jemput untuk dikarantina selama 14 hari," kata dia. (Ism)

Baca Juga:

Jokowi Diingatkan Hati-hati Terapkan Perppu No 1/2020


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH