Kesehatan

Tidur Tanpa Busana Bantu Kamu Lebih Nyenyak dan Turun Berat

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 14 April 2022
Tidur Tanpa Busana Bantu Kamu Lebih Nyenyak dan Turun Berat
Tidur tanpa busana merupakan cara mudah untuk menurunkan suhu kulit tanpa mengubah suhu ruangan. (Foto: freepik/valuavitaly)

JIKA kamu belum pernah tidur tanpa busana, mungkin sekarang saatnya untuk mencoba. Tidur telanjang dapat membantu kamu mendapatkan istirahat yang lebih baik, mengurangi stres, dan bahkan membantu menurunkan berat badan.

Suhu membuat perbedaan besar dalam kualitas tidur. Jika kulit kamu mulai terlalu panas, bahkan hanya sedikit, kemungkinan besar kamu akan bangun terlalu cepat. Suhu yang terlalu panas juga menarik tubuh keluar dari fase penting tidur nyenyak yang kamu butuhkan untuk melawan infeksi dan tetap waspada di siang hari.

Tidur tanpa busana merupakan cara mudah untuk menurunkan suhu kulit tanpa mengubah suhu ruangan. Cara ini juga membantu kamu tetap tenang secara keseluruhan.

Selain itu, tidur pada suhu yang lebih rendah juga menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak lemak coklat. Lemak coklat meningkatkan metabolisme dengan membakar gula darah dan menyimpan lemak putih untuk membuat kamu tetap hangat. Kadar lemak coklat yang tinggi dapat mengurangi risiko kondisi seperti obesitas dan diabetes.

Jika tidur telanjang membantu kamu tidur lebih lama, kebiasaan ini dapat membantu mengurangi risiko obesitas dan penambahan berat badan. Orang dewasa yang tidur lima jam per malam atau kurang lebih cenderung mengalami kenaikan berat badan yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidur tujuh jam atau lebih.

Baca juga:

Biar Tidur Nyenyak, Simak Fakta Seputar Tidur

Manfaat lain

Tidur Tanpa Busana Bantu Kamu Lebih Nyenyak dan Turun Berat
Kontak kulit-ke-kulit antara orang dewasa dapat meningkatkan kadar oksitosin atau 'hormon cinta'. (Foto: freepik/jcomp)

Jika tidur telanjang membantu kamu untuk beristirahat lebih baik, kesehatan mental dan fisik pun akan mendapat manfaat. Tidur nyenyak sangat penting untuk mendapatkan manfaat kognitif penuh dari istirahat.

Saat kamu tidur, otak membersihkan dirinya dari protein beracun. Beberapa protein ini dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer dan bentuk demensia lainnya.

Dengan tidur tanpa busana, kamu tetap tenang. Kebiasaan ini menjadi penting untuk mendapatkan tidur nyenyak yang kamu butuhkan. Melepas pakaian sebelum tidur dapat menjaga pikiran tetap sehat lama di masa depan.

Jika kamu tidur tanpa busana bersama pasangan, cara ini malah dapat meningkatkan istirahat dengan mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Kontak kulit-ke-kulit antara orang dewasa dapat meningkatkan kadar oksitosin atau 'hormon cinta'. Peningkatan oksitosin itulah yang membantu mengurangi tingkat stres dan bisa membuat kamu merasa lebih dekat dengan pasangan.

Dengan membuat kamu dan pasangan lebih dekat, tidur bersama tanpa busana dapat membuat hubungan tetap kuat. Pasangan yang tetap bersama cenderung memiliki tingkat oksitosin yang lebih tinggi dibandingkan ketika mereka pertama kali bertemu. Ini mungkin karena hormon itu sendiri memperkuat ikatan emosional.

Selain itu, tidur telanjang juga dapat meningkatkan kesehatan reproduksi. Jumlah dan konsentrasi sperma lebih rendah dengan pakaian dalam yang ketat. Ini mungkin karena membuat testis lebih hangat. Dengan tidur tanpa pakaian dalam, testis memiliki kesempatan untuk mendingin.

Bagi yang tidak memiliki pasangan, tidur tanpa busana tetap baik untuk kesejahteraan emosional karena dapat meningkatkan hubungan dengan diri sendiri. Lebih banyak waktu tanpa mengenakan busana membantu meningkatkan citra tubuh, harga diri, dan perasaan bahagia secara keseluruhan.

Baca juga:

Tidur ala Militer, Lelap dalam 2 menit

Kiat tidur tanpa busana

Tidur Tanpa Busana Bantu Kamu Lebih Nyenyak dan Turun Berat
Kebersihan tempat tidur juga penting, belilah seprai berkualitas dan cucilah sesering mungkin. (Foto: Unsplash/Isabella and Zsa Fischer)

Manfaat tidur telanjang terkait erat dengan menjaga kesejukan. Suhu tidur optimal kebanyakan orang adalah antara 18 dan 21 derajat Celsius. Orang yang berbeda akan memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda.

Kamar yang terlalu dingin dan tidak nyaman juga akan membuat kamu sulit tidur. Biarkan tingkat kenyamanan kamu menentukan suhu kamar. Juga, pastikan tangan dan kakimu cukup hangat. Tubuh akan menurunkan suhu intinya untuk tidur dengan mengirimkan aliran darah ke area tersebut.

Jika kamu cenderung tidak tahan dingin tetapi ingin tidur tanpa busana, pertimbangkan untuk mandi satu atau dua jam sebelum tidur. Ini membantu meningkatkan sirkulasi dan pengaturan suhu tubuh secara keseluruhan.

Kebersihan tempat tidur juga penting. Belilah seprai berkualitas dan cucilah sesering mungkin dengan air hangat. Ini membantumu memastikan bahwa tidur telanjang tetap merupakan kebiasaan yang sehat.‌

Namun, tidak apa-apa jika kamu tidak siap untuk tidur telanjang sepenuhnya. Tidur hanya dengan celana dalam yang longgar saja sudah cukup untuk mendapatkan banyak manfaat yang sama. Kebutuhan tidur setiap orang berbeda, dan itu juga berlaku untuk busana yang dikenakan. (aru)

Baca juga:

Ketahui Suhu Ideal untuk Tidur

#Tidur #Tips Tidur #Kesehatan #Penurunan Berat Badan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan