Tidur Pulas di Pesawat Tidur dalam perjalanan panjang ada triknya. (Foto: Greatist)

SALAH satu hal yang sulit kita lakukan saat melakukan perjalanan jauh menggunakan kereta atau pesawat adalah tidur. Itulah sebabnya kita akan merasa cepat lelah saat tiba di destinasi tujuan. Berikut ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan agar bisa beristirahat saat melakukan perjalanan jauh dengan pesawat oleh Direktur Travel Clinic di Boston Medical Center, David Hamer.

1. Makan dan Minum Cukup Saat di Pesawat atau Kereta

makan minum
Makan saja bila memang lapar. (Foto: dailymail)


Istilah koma karbohidrat tak asing lagi dalam dunia travel. Koma Karbohidrat adalah mengisi karbohidrat saat sedang dalam perjalanan. Karbohidrat dipercaya dalam menstimulasi rasa kantuk. "Dalam literatur ilmiah tidak banyak data pendukung untuk pernyataan tersebut," ucap Hamer.

Daripada memakan makanan tertentu agar mengantuk, Hamer menyarankan agar kita makan saat lapar saja. "Cobalah untuk tidak makan berlebihan di dalam pesawat atau kereta," demikian tuturnya. Dirinya juga menyarankan kita untuk menghindari konsumsi alkohol dan kafein saat berada di dalam kendaraan. Kedua jenis minuman tersebut dapat mengganggu kualitas tidur. "Kita bisa mengonsumsi kafein saat tiba di tujuan," imbuhnya.

2. Hindari Obat Tidur

obat tidur
Jangan konsumsi obat tidur dalam perjalanan. (Foto: Telegraph)


Menggunakan obat tidur untuk menginduksi tidur nyenyak selama dikendaraan bukanlah langkah bijaksana. Hamer melarang penggunaan obat tidur ketika kita melakukan perjalan dengan pesawat. "Obat tidur dapat menambah gejala jet lag seperti kelelahan, mual, sakit kepala, dan turunnya daya konsentrasi," terangnya. Penggunaan obat tidur selama di pesawat juga membawa risiko buruk bagi kesehatan tubuh seperti trombosit menurun atau kacaunya sistem pembuluh darah.

Jika kita terpaksa harus mengonsumsi obat tidur ketika di pesawat, pilihlah dosis rendah "Apabila anda harus mengonsumsi obat tidur pilihlah dosis sekitar 0.5 miligram saja," ucapnya.

3. Gunakan Perangkat Berteknologi Tinggi

headtset
Gunakan headtset untuk membantu tidur. (Foto: The Loop)


Salah satu perangkat yang perlu dibawa saat bepergian adalah headset. Beberapa maskapai penerbangan bahkan menyediakan headset berteknologi tinggi yang bisa digunakan oleh penumpang. Mendengarkan lagu selama di perjalanan membuat kondisi tubuh kita lebih rileks dan membuat kita cepat tertidur.

Demikian beberapa langkah yang bisa dilakukan agar perjalanan lebih menyenangkan. Tiba di lokasi pun kondisi kita dalam keadaan prima dan bugar. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH