Tidur Nyenyak Seperti Bayi Tidur nyanyak dipengaruhi beberapa faktor yang harus dipenuhi. (Foto: reader's digest)

TIDUR nyenyak terkadang menjadi barang mewah. Meskipun sudah merebahkan badan di kasur yang empuk dan nyaman tapi tetap saja tidak dapat mendapatkan tidur berkualitas. Bisa jadi karena otak masih bekerja memikirkan sesuatu atau mata yang memang tidak mengantuk namun badan sudah kehabisan energi.

Alhasil keesokan harinya Anda masih merasa lelah dan enggan bangun dari tempat tidur. Toh, Anda harus bangun untuk beraktivitas.

Tidur berkualitas dapat Anda dapatkan dengan mengikuti beberapa langkah berikut.

Suhu Ruangan

Usahakan suhu kamar tidur Anda tidak panas dan jangan pula dingin. Keduanya bila berlebihan membuat tubuh bereaksi dan membuat kualitas tidur terganggu.

Sinar

Sinar dapat mempengaruhi tubuh tetap terjaga. Jadi usahakan Anda menimalkan sinar yang terbaca oleh tubuh. Sebaiknya kamar dalam keadaan gelap. Jangan bawa gadget Anda atau benda elektronik lainnya dekat dengan Anda, sinarnya mempengaruhi tubuh pula. Ada baiknya jam weker yang tak mengeluarkan sinar.

Nyaman

Kasur dan bantal yang nyaman adalah faktor tak terbantahkan untuk tidur. Namun kenyamanan adalah relatif tidak semua orang sama tingkatannya. Ada yang nyaman dengan kasur agak keras, adapula yang harus empuk. Sprei, sarung bantal dan guling juga mempengaruhi tidur Anda. Bila kotor tentu akan membuat tubuh Anda terganggu.

Suara

Suara sangat relatif bagi masing-masing orang. Ada yang tidak bisa mendengarkan suara sedikitpun ketika tidur. Pun ada yang selalu harus ditemani musik sebelum tidur.

Mandi

Mandi dengan air hangat sebelum tidur akan membantu tubuh Anda lebih rileks. Bila Anda melakukan aktivitas di luar ruangan, sebaiknya sebelum tidur mandi terlebih dahulu.

Makan

Jangan makan makanan berat sebelum tidur. Susu hangat dan sedikit cemilan masih diperbolehkan untuk membuat perut agak tenang.

Baju

Kenakanlah baju tidur yang nyaman, jangan yang ketat karena dapat membuat otot dan aliran darah terganggu. (psr)

Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH