Tidur Nyenyak saat Udara Panas? Bisa Kok 3 Cara Tidur Nyenyak Saat Cuaca Panas (Foto:Pexels/John-Mark Smith)

SETELAH seharian melakukan berbagai macam kegiatan, tubuh tentu butuh istirahat. Tidur malam yang berkualitas merupakan solusi terbaik untuk mengisi tenaga kembali.

Dilansir dari laman Express UK, pakar tidur Dr. Ramlakhan mengatakan setiap orang membutuhkan tidur malam yang berkualitas agar dapat mengistirahatkan tubuh dari segi fisik maupun mental.

Baca juga:

Parahnya Bahaya dari Tidur Kelamaan, Bikin Kamu Cepat-cepat Bangun

Namun, dalam keadaan cuaca panas, kebanyakan orang sulit mendapatkan tidur berkualitas karena merasa tidak nyaman. Meskipun telah menggunakan kipas atau pendingin ruangan, tak jarang kebanyakan orang tetap merasa gerah karena suhu udara yang panas.

Lalu bagaimana agar kita tetap bisa mendapatkan tidur kualitas di keadaan yang benar-benar gerah ini? Dr. Ramlakhan membagikan beberapa tipsnya, antara lain:

1. Cuci kaki dengan air dingin

Cuci kaki dengan air dingin untuk menjaga suhu tubuh tetap dingin (Foto: Pexels Pixabay)

Jika kamu merasa gerah walaupun sudah menggunakan kipas atau AC, Dr. Ramlakhan menyarankan agar menjaga suhu tubuh tetap dingin. Hal ini dapat kamu lakukan dengan mencuci kaki menggunakan air dingin sebelum naik ke tempat tidur.

Ia juga menyarankan untuk membilas kedua pergelangan tanganmu dengan air dingin agar tidak merasa gerah. Kamu pun akan mudah tidur setelahnya.

2. Gunakan selimut dan seprei yang ringan

Gunakan selimut dan seprei yang lebih tipis dan ringan (Foto: Pexels/Jaymantri)

Agar tidak membuat badan menjadi tambah gerah, gunakan seprei dan selimut yang lebih ringan dan tipis. Semakin ringan dan tipis selimut yang kamu gunakan, tentunya akan membuat kamu semakin nyaman untuk tidur walaupun udara panas. Selain itu, gunakan kasur Gelentex Silentnight. Kata Dr. Ramlakhan kasur ini dirancang khusus untuk menjaga suhu tubuh tetap dingin.

Baca juga:

Susah Tidur? Terapkan Cara Mujarab Ini

3. Banyak minum air putih

Banyak minum air putih untuk menjaga kelembapan tubuh (Foto: Pexels/Daria Shevtsova)

Menurut Dr. Ramlakhan sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Banyak minum air putih juga akan membuat kulit tubuh kita terasa lebih lembap. Minumlah minimal delapan gelas air dalam sehari.

Selain tiga cara di atas, kamu juga bisa manaruh es batu di depan kipas angin untuk membuat suhu di kamar kamu tetap dingin. Suhu kamar yang nyaman akan membantumu mendapatkan tidur yang lebih nyaman. Selamat mencoba. (bel)

Baca juga:

Semakin Gemuk Semakin Susah Tidur, Apa Iya?


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH