Tidur di Pesawat Bisa Senyaman di Rumah, Ini Rahasianya! Tidur di pesawat bisa tetap nyaman (Foto: Suhyeon Choi)

TIDUR di pesawat memang tidak senyaman di kasur rumah. Kecuali kalau kamu menggunakan penerbangan kelas bisnis. Kamu bisa bebas selonjoroan. Terlelap pun gampang banget karena hampir senyaman kasur di rumah.

Namun, kamu bisa mensiasatinya supaya tidur di pesawat bisa sama nyamannya dengan di rumah. Meskipun kamu mengambil penerbangan kelas ekonomi sekalipun. Melansir Huffpost, para Travel Blogger membagikan kiat-kiat itu.

Baca juga:

Supaya Penerbangan Nyaman, Jangan Pakai Ini di dalam Pesawat

1. Jangan mengonsumsi gula apalagi alkohol sebelum terbang

Makanan manis bisa bikin kamu kembung (Foto: Unsplash/Brooke Lark)

Jangan minum yang manis-manis dulu sebelum terbang. Kandungan gula pada makanan dan minuman manis merupakan sumber energi. Ketika menjalani penerbangan, kamu tidak membutuhkan energi karena hanya duduk dan tidur. Sehingga kandungan gula tersebut tidak akan terbakar.

Kandungan gula malah bikin perut kamu tidak nyaman di pesawat. "ketika Anda duduk untuk waktu yang lama, Anda tidak menghabiskan banyak energi, jadi ketika Anda makan makanan asin atau manis, ini akhirnya menyebabkan kembung," ujar travel blogger Meg Jerrard.

Begitu pula dengan mengonsumsi alkohol. Meskipun bikin kamu mudah terlelap, ketika bangun kepala kamu malah pusing. Sebaiknya sih memang jangan mengonsumsi alkohol kapanpun dan di manapun. Karena memang tidak ada manfaatnya.

2. Pakai sepatu yang longgar

Pakai sepatu yang longgar, jangan yang ketat (Foto: Unsplash/Kelly Sikkema)

Jangan sepelakan alas kakimu. Sepatu yang ketat bikin kamu tidak nyaman di pesawat, apalagi saat menempuh penerbangan yang panjang (5 jam lebih). Kaki kamu bisa bengkak.

Oleh karena itu, pakai sepatu yang longgar. Minimal sepatu tersebut masih menyisakan ruang walau kamu menggunakan kaus kaki. "Satu hal yang saya lakukan yang sangat membantu dalam penerbangan panjang (lima jam atau lebih) adalah mengenakan sepatu slip-on yang sedikit longgar," saran blogger di Blonde Brunette Travel, Kay travel.

Baca juga:

Ukuran Kursi Penumpang Pesawat Bagian Tengah Harus Lebih Lebar?

3. Gunakan bantal travel

Tidur sambil duduk tetap nyaman (Foto: mec.ca)

Kamu memang harus sedikit niat supaya tidur kamu di pesawat nyaman. Jangan lupa bawa bantal travel. Bantal travel akan membuat leher kamu nyaman. Tidur dalam posisi duduk tidak akan membuat kamu pegal.

Ingat, jangan beli bantal travel yang abal-abal. Beli yang lebih mahal, harga tidak akan berbohong karena kualitas busanya pun terjamin. "Ujilah sementara di sofa Anda (bantal travel), dan Anda akan dapat tidur nyenyak di penerbangan berikutnya," ungkap blogger perjalanan dan pencipta Pack This Journal, Danielle Nelson.

4. Kenakan pakaian yang nyaman

Cukup gunakan T-Shirt (Foto: Unsplash/Anomaly)

Hindari menggunakan pakaian yang berkancing seperti kemeja saat terbang. Bahan pada pakaian tersebut tidak nyaman. Cukup menggunkaan t-shirt yang bahannya sejuk dan kenakan bawahan celana longgar seperti celana yoga. "Lapisan sempurna ketika terbang karena suhu pesawat tidak dapat diprediksi," imbuh travel blogger di My Travelling Kids, Christine Johnson.

Bagaimana sahabat Merah Putih, kapan nih mau naik pesawat lagi? (ikh)

Baca juga:

'Nonstop Flight' dan 'Direct Flight', ini Bedanya

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH