hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Tidur di Lantai Sembuhkan Sakit Punggung, Mitos atau Fakta? Tidur di Lantai (Foto: Pixabay/Pexels)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

SUDAH tidak asing lagi kamu melihat orang Indonesia yang sangat gemar tidur di lantai hanya beralaskan karpet atau kasur tipis. Kebanyakan orang mengatakan hal itu sangat berbahaya bagi tubuh karena bisa menyebabkan masuk angin, nyeri pada punggung, dan sebagainya.

Baca juga:

Sulit Untuk Bangun Tidur di Pagi Hari? Ikuti Cara Ampuh Ini

Nyeri pada punggung pada umumnya disebabkan oleh postur tubuh yang buruk atau kurang gerak. Kebiasaan ini akan terus memberi tekanan besar pada tulang belakang, otot, dan sendi yang mengubah lekukan pada tulang belakang. Akibatnya, muncullah rasa sakit dan nyeri di daerah punggungmu.

Mengutip laman Women's Health, Jennifer L. Solomon, M.D., seorang ahli fisioterapi di Hospital for Special Surgery New York, Amerika Serikat, mengatakan bahwa rebahan di lantai dapat menjadi solusi jangka pendek untuk meredakan nyeri punggung.

Tidur di Lantai Sembuhkan Sakit Punggung, Mitos atau Fakta?
Tiduran Di Lantai Boleh, Asal tidak Berlebihan (Foto: Unsplash/ashwood)

Meski begitu, cara ini mungkin dapat membawa efek samping yang berbeda pada tiap orang. Beberapa orang mungkin bisa merasa lebih nyaman, sementara yang lainnya menganggap tidur diatas kasur lebih empuk dan manjur meredakan rasa sakit mereka.

Meskipun ada sedikit bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa tidur di lantai baik untuk sakit punggung, tampaknya itu adalah salah satu dari pengobatan kuno yang masih dipercaya orang. Kate O'Hare, Seorang Chiropractor yang berbasis di Oakville, Ontario, mengatakan bahwa ketika orang-orang kesakitan, mereka mencari posisi yang dianggap bisa mengurangi rasa sakit mereka, termasuk lantai. "Tidur di permukaan yang keras memungkinkan tulang belakang mempertahankan posisi yang netral saat kita tidur."

Baca juga:

5 Makanan Bisa Bikin Tidur Nyenyak! Apa Saja?

Kesimpulannya adalah, tidur di lantai sangatlah boleh jika kamu merasa nyaman untuk meredam rasa sakit, namun apabila untuk jangka panjang sangat tidak disarankan. Berikut beberapa kiat sederhana untuk mendapatkan hasil yang maksimal jika kamu ingin mencoba berbaring di lantai demi meredakan nyeri punggung.

1. Pilih permukaan lantai yang benar-benar datar.

2. Berbaring dengan kedua kaki diluruskan. Jika tidak bisa, letakkan bantal dibawah lututmu.

3. Rentangkan kedua tangan ke samping dengan telapak tangan mengarah ke atas.

4. Tutup mata kamu dan fokus pada semua kontak tubuh ke lantai.

5. Tarik dan hembuskan napas dalam, lambat-lambat.

6. Habiskan lima hingga tujuh menit dalam posisi ini.

(Nic)


hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5