Tidak Luas, Kamu Cuma Butuh Satu Hari untuk Mengeksplor Negara Ini Karena tidak luas malah menjadi daya tarik wisata. (Foto: pixabay/Mariamchelle)

LUAS sebuah negara terdiri dari berbagai macam keunikannya, termasuk seberapa luas ukurannya. Jangan kaget! Ternyata ada beberapa negara yang memiliki luas yang tergolong sangat kecil. Walau luasnya sangat kecil namun tetap memiliki daya tarik tersendiri yang tak kalah dengan negara lainnya.

Justru ukuran kecilnya menjadi keunikan tersendiri yang sering bikin pelancong betah berlama-lama berpelesiran di negara tersebut. Kerennya, negara-negara berikut bisa habis kamu kelilingi hanya dalam waktu sehari saja. Berikut informasinya:

Baca juga:

Ngeri! Inilah 4 Jalanan Paling Ekstrim yang Pernah Dibangun

1. Malta

Berada di Laut Mediterania (Foto: pixabay/Magdalenalena)

Berada di Laut Mediterania, Malta hanya memiliki luas 316 kilometer persegi yang hampir mirip dengan Maladewa. Terdiri beragam destinasi menarik terkenal dengan keindahannya, menjadikan destinasi favorit para pelancong yang hobi dengan wisata laguna, gua, tebing, dan snorkeling. Di Malta terdapat Blue Lagoon, Comino, Valetta, dan Jendela Dwejra.

2. Kepulauan Marshall

Neara dengan karakter kepulauan (Foto: Unsplash/Kurt Cotoaga)

Memiliki wilayah yang tersebar di Lautan Pasifik. Dengan luas hanya 181 kilometer persegi, membuat Kepulauan Marshall menjadi salah satu negara terkecil di dunia. Merupakan negara dengan karakter kepulauan, Kepulauan Marshall menawarkan daya tarik berupa pantai-pantai indah dengan perairannya yang eksotis, seperti Arno Atoll dan Ebeye IslandKarena terletak di lautan, maka wisata unggulannya tak jauh-jauh dari pantai dan laut, di antaranya Pulau Ebeye dan Arno Atoll.

3. Kerajaan Sealand

Bekas benteng PD II (Foto: Sealand.medium)

Berada di lepas pantai Harwich, Inggris, Kerajaan Sealand merupakan sebuah bekas benteng peninggalan Perang Dunia II bernama Rough Tower. Dibangun pada tahun 1941, eks benteng tersebut diproklamirkan menjadi sebuah negara 2 September 1967 oleh Roy Bates dan istrinya, Joan. Menawarkan panorama indah perairan lepas dengan luas yang tidak terbatas, Kerajaan Sealand hanya memiliki luas 25.000 meter dan 30 kamar. Uniknya, negara kecil ini memiliki mata uang dan paspor sendiri.

Baca juga:

5 Destinasi Wisata Tercantik di Asia, Nomor 4 Ada di Indonesia

4. Maladewa

Terdapat 1.192 pulau yang tersebar (Foto: Pixabay:Suissgirl)

Terkenal dengan nama Maldives, Maladewa merupakan negara terkecil di dunia dengan luas kurang dari 300 kilometer persegi. Menawarkan juga keindahan warna laut yang jernih dan panorama bawah laut menakjubkan. Tak heran jika negara ini menjadi salah satu destinasi impian para pelancong yang ingin berbulan madu di spot pantai indah.

5. San Marino

Didirikan oleh Santo Marinus (Foto: Pixabay/Nikki)

Salah satu negara yang bertetanggaan dekat dengan Italia, San Marino, luasnya kira-kira 61 kilometer persegi. Adalah sebuah negara konstitusional tertua di dunia, dibentuk oleh Santo Marinus asal Pulau Rab, Italia. Menawarkan destinasi favorit bagi para pelancong berupa Benteng Guatita, Gunung Monte Titano, Kastil De La Fratta, dan balai kota Palazzo Publico. (lgi)

Baca juga:

6 Wilayah Eksotis yang Enggak Boleh Terlewat ketika Keliling Asia Tenggara

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH