'Tidak Satu Pun Wilayah Steril dari Terorisme' Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius. (Dok BNPT)

MerahPutih.com - Ancaman terorisme bisa terjadi hampir di seluruh daerah di Indonesia. Tidak ada satu pun provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia yang steril dari terorisme.

"Itu fakta dari total lebih dari 1.200 lebih teroris yang telah tertangkap berasal dari berbagai daerah. Memang mereka tidak sering pulang ke kampung halamannya, tapi kalau sampai mereka pulang dan menyebarkan ideologi kekerasan, apalagi sampai melakukan aksi, itu jelas tidak boleh terjadi. Dari situlah kita harus selalu waspada terhadap kelompok ini," kata Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius usai membuka pelatihan Duta Damai Dunia Maya 2017 wilayah Sumatera Barat (Sumbar) di Padang, Senin (7/8) malam.

Dari berbagai data yang dikumpulkan ada puluhan orang Minang yang 'terbawa' paham kekerasan itu. Bahkan pelaku penusukan dua anggota Brimob di Masjid Falatehan depan Mabes Polri, orang dari Sumbar yaitu Kabupaten Agam.

Pada kesempatan itu, BNPT memberikan pelatihan Duta Damai Dunia Maya 2017 di Padang. Kegiatan ini adalah kali keempat tahun ini, setelah di Bandung, Semarang, dan Malang.

Suhardi juga memaparkan beberapa negara besar ingin bersinergi dengan Indonesia dalam penanggulangan terorisme. Di Amerika Serikat, penanggulangan terorisme dilakukan dengan pendekatan hard approach. Oleh karena itu, Amerika ingin bertukar informasi dengan BNPT dalam penanganan terorisme dengan soft approach.

Kiprah BNPT dengan menggandeng mantan napi teroris dan membangunkan masjid dan TPA di Deli Serdang dan Lamongan menjadi sorotan dunia internasional dan dianggap sukses.

Sementara Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengapresiasi BNPT dalam mencegah penyebaran propaganda radikalisme di kalangan anak muda.

"Saya perlu memberi penghargaan kepada BNPT. Tidak hanya mengejar teroris, tapi BNPT telah masuk ke pencegahan. Apalagi yang kita hadapi adalah upaya untuk meracuni generasi muda dan anak-anak untuk berbuat sadis dengan mengatasnamakan agama," katanya. (*)


Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH