Tidak Punya TPA di 2024, Kota Bandung Bakal Buang Sampah di Lahan Milik TNI

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 13 September 2022
Tidak Punya TPA di 2024, Kota Bandung Bakal Buang Sampah di Lahan Milik TNI
Pengolahan sampah di Bandung. (Foto: Pemkot Bandung)

MerahPutih.com - Produksi sampah di Kota Bandung mencapai 1.529 ton per hari pada 2021. Produksi sampah harian tersebut merupakan yang tertinggi dibanding kabupaten/kota lainnya di Provinsi Jawa Barat.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bakal memanfaatkan lahan seluas 2 hektare milik TNI AD di kawasan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, untuk dijadikan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST).

Baca Juga:

Kolaborasi Mahasiswa UNS dan Warga Kelola Sampah di Solo

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, masa operasional Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sarimukti akan berakhir pada 2024 mendatang. Oleh karenanya, Kota Bandung perlu mempersiapkan tempat baru untuk pengelolaan sampah.


"Memang saat ini Kota Bandung tidak punya TPA karena lahan TPA Sarimukti di KBB digunakan oleh lima kabupaten kota," kata Yana di Bandung, Jawa Barat, Senin (12/9).

Adapun pemanfaatan lahan TNI AD itu merupakan kerja sama sebagai solusi jangka pendek hingga menengah yaitu dengan memperbanyak tempah pengelolaan sampah.

Kerja sama itu,kata ia, merupakan bukti TNI manunggal bersama rakyat dalam memerangi sampah.

"Kami harus memikirkan tempat pengolahan sampah terpadu yang bisa mengolah sampah bukan hanya TPA aja. Kami terus melakukan proses 3R memilah termasuk pengolahan dan pemanfaatan sampah," katanya,

Komandan Pussenkav Kodiklat TNI AD Mayjen TNI Yanuar Adil mengaku optimis pemanfaatan lahan itu bakal berbuah hasil yang baik. Karena, pengelolaan sampah juga memiliki nilai ekonomis.

"Tempat pengelolaan sampah yang higienis dan ada nilai ekonominya, pengelolaan ini juga bermanfaat, seperti maggot diolah jadi makanan ikan, dan selanjutnya," kata Yanuar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung Dudy Prayudi mengatakan ,sampah bakal terus menjadi permasalahan jika tidak dikelola dengan baik.

"Setelah kerja sama soal pemanfaatan lahan, Pemkot Bandung mulai mencari investor untuk infrastruktur yang diperlukan," katanya. (Imanha/ Jawa Barat)

Baca Juga:

Upaya Pegiat Food Waste Konsisten Merdekakan Indonesia Bebas Sampah Makanan

#Sampah #TPA #Bandung
Bagikan
Bagikan