Kesehatan

Cara Alami Tingkatkan Energi, Tidak Perlu Konsumsi Banyak Suplemen

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Minggu, 26 Desember 2021
Cara Alami Tingkatkan Energi, Tidak Perlu Konsumsi Banyak Suplemen
Cara supaya tetap semangat sepanjang hari (Foto: Unsplash/sean Kong)

BANYAK cara dilakukan untuk meningkatkan energi terutama di pagi hari. Mulai dari minum kopi dalam dosis tinggi hingga membeli suplemen untuk mendapatkan lebih banyak energi. Sayangnya, cara-cara tersebut tidak selalu berhasil.

Alih-alih mencari jalan pintas untuk meningkatkan energi, cara alami merupakan yang terbaik. Ada banyak cara sehat untuk membuat diri kita terstimulasi ketika sedang merasa sangat lelah. Perubahan kecil dalam rutinitas harian bisa menjadi perbedaan besar dalam hidup. Berikut cara sehat untuk menjaga tingkat energi dalam diri sepanjang hari:

Baca Juga:

Pastikan Tidur Berkualitas agar Mimpi Indah

Tidur siang

tidur
Tidur siang cukup 20 menit (Foto: Pexels/Komang Dewi)

Bagi sebagian orang, power nap sangat membantu untuk meningkatkan kewaspadaan dan kinerja. Power nap atau tidur siang singkat selama 20-30 menit dapat membantumu memulihkan tenaga. Cukup tidur siang selama 26 menit sangat ideal untuk mendapatkan manfaat terbaik. Meskipun menggoda, jangan berlebihan dengan tidur siang. Jika kita tidur siang dalam waktu panjang, ini akan mengurangi jumlah tidur yang didapatkan di malam hari. Apabila kurang tidur malah, energi kita sepanjang hari akan habis.

Berolahraga di luar ruangan

olahraga
Olahraga di luar ruangan (Foto: Pexels/Pixabay)

Ketika berolahraga di luar ruangan kita akan mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Paparan vitamin D dari matahari akan meningkatkan endorfin yang berperan untuk suasana hati. Olahraga outdoor dapat meningkatkan energi, mengurangi tingkat stres, dan meningkatkan kewaspadaan. Olahraga di luar ruangan dapat meningkatkan antusiasme dan penurunan kemarahan.

Baca juga:

Ibu Hamil Dilarang Konsumsi Seafood? Ini Faktanya

Makan lebih banyak protein

protein
Konsumsi protein tingkatkan energi. (Foto: Pexels/Tima Miroschinenko)

Konsumsi protein dapat meningkatkan energi dan memainkan peran penting dalam membawa oksigen dalam aliran darah ke seluruh tubuh. Sebagai gantinya, cobalah untuk mengemil makanan yang memiliki protein dan lemak tinggi seperti sayuran dan saus, yogurt Yunani dengan buah, atau selai kacang dan biskuit untuk meningkatkan energi.

Tetap terhidrasi

air
Energi diperoleh pula dari kecukupan cairan. (Foto: Pexels/Pixabay)

Minumlah delapan gelas air setiap hari untuk tetap berenergi. Pikiran akan sangat dipengaruhi oleh status hidrasi. Dehidrasi dapat menurunkan bagian dari fungsi otak. Dari segi psikologis, itu dapat mengurangi suasana hati, memori, dan konsentrasi. Sementara dari segi fisik, itu dapat meningkatkan sakit kepala dan kelelahan.

Apakah kamu bersedia mengubah beberapa kebiasaan harian untuk meningkatkan energi? (avia)

Baca juga:

Makan Pedas dapat Menunda Kematian. Serius!

#Kesehatan #Tren Olahraga #Olahraga Lari #Olahraga #Tidur Siang #Tips Tidur
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan