Tidak Perlu Khawatir Terinfeksi Virus Corona di Pusat Kebugaran Tempat gym yang tidak dibersihkan berisiko terkumpulnya kuman (Foto: Pixabay/skeeze)

SAAT pemberitaan seputar virus Corona mendominasi berita utama di seluruh dunia, kekhawatiran publik terus meningkat. Beberapa orang bertanya apakah perubahan perlu dilakukan pada rutinitas harian mereka, seperti pergi ke pusat kebugaran. Pertanyaannya, apakah berolahraga di pusat kebugaran dapat menularkan virus Corona?

Baca juga:

Sejumlah Wilayah di Italia 'Dikunci' Akibat Wabah Virus Corona

Dilansir dari laman health, untuk menghindari risiko tertular virus Corona kamu harus terlebih dahulu memahami cara penyebaran virus yang bermula di Tiongkok tersebut. Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), virus Corona sudah pasti menyebar langsung dari orang ke orang, biasanya melalui kontak dekat (dalam jarak enam kaki), dan melalui batuk atau bersin.

Selain itu, virus ini juga dapat menyebar secara tidak langsung, seperti menularkan melalui kontak dengan permukaan yang telah disentuh oleh mereka yang terinfeksi.

Tidak Perlu Khawatir Terinfeksi Virus Corona di Pusat Kebugaran
Peralatan gym dapat menularkan virus corona jika disentuh orang yang sudah terinfeksi (Foto: Unsplash/good_citizen)

Para ilmuwan masih mencari tahu bagaimana sebenarnya virus itu menyebar, tetapi telah memberikan panduan tentang bagaimana virus itu ditularkan. Seperti halnya tempat umum lainnya, pusat kebugaran dapat dengan mudah menampung kuman virus Corona.

Philip Tierno, Ph.D., profesor klinis di departemen patologi di New York University mengatakan setiap tempat dimana sejumlah besar orang berkumpul pada waktu tertentu, memungkinkan mereka untuk melepaskan mikroorganisme atau kuman mereka di berbagai tempat.

Itu berarti siapa pun yang terinfeksi dapat meninggalkan kuman mereka alat-alat di pusat kebugaran termasuk dumbel, barbel, gagang pintu, dan peralatan olahraga lainnya. Menurut Tierno, kuman ini dapat bertahan selama berhari-hari jika peralatan tidak dibersihkan dengan benar.

Baca juga:

Lagi, Idola Kpop Dikarantina Virus Corona!

Tidak Perlu Khawatir Terinfeksi Virus Corona di Pusat Kebugaran
Salah satu ruang olahraga di Equinox (Foto: Equinox)

Dilansir dari laman The New York Times, mengenai hal tersebut, banyak klub atau studio olahraga yang membuat langkah untuk menangani penularan virus Corona di tempatnya, salah satunya Equinox.

Equinox, sebuah pusat kebugaran mewah, telah mengirim pemberitahuan kepada para anggotanya, meyakinkan mereka bahwa langkah-langkah penganganan penularan virus Corona sedang diambil selama musim flu dan selama kekhawatiran tentang virus Corona berlanjut.

Itu termasuk mendisinfeksi semua area klub tiga kali sehari, juga mengingatkan orang untuk tinggal di rumah jika mereka sakit agar lekas sembuh dan tidak menularkannya ke orang lain. Selain itu, seorang juru bicara Equinox juga meminta instruktur untuk menghilangkan kontak kulit ke kulit, seperti penyesuaian langsung selama yoga.

Nah buat kamu yang khawatir apakah tempat kamu berolahraga terdapat virus corona atau tidak. Kamu bisa mengamati kebersihan tempat tersebut, dan kamu boleh menanyakan langkah penangan virus Corona pada pihak pusat kebugaran. (Arb)

Baca juga:

Benarkah Jamu Bisa Menangkal Virus Corona?



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH