Tidak Perlu Khawatir, Bumbu Indonesia Sudah Ada di Luar Negeri Rempah merupakan bahan masakan utama Indonesia. (Foto: Pixabay/babawawa)

MENJADI kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat Indonesia bila hendak menetap di luar negeri adalah memasak makanan Indonesia. Kekhawatir yang ada adalah bumbu dan rempah tidak tersedia di negara lain, terutama di luar Asia.

Karena itu biasanya orang Indonesia akan membawa beberapa bumbu dan rempah yang diyakini tidak ada di luar Indonesia. Padahal kekhawatiran itu tidak beralasan. Kalau toh dipaksakan untuk dibawa biasanya akan tertahan di bandara karena dianggap melanggar aturan yang ada.

Baca Juga:

Tambusu, Makanan Khas Minang yang Susah Dicari

sisca
Sisca Soewitomo, sudah banyak bumbu instan yang dijual sampai ke luar negeri. (Foto: MP/kiel)

“Kita tak usah khawatir dengan bumbu Indonesia wong di luar negri sudah banyak restoran Indonesia, ke swalayan pun sudah banyak seperti kemiri, jahe, dan sebagainya,” jelas Chef Sisca Soewitomo.

Terutama di Amerika, sudah mulai tumbuh secara perlahan berbagai restoran, atau pasar swalayan yang banyak menjual bumbu rempah secara instan langsung dari Indonesia.

“Mau bikin opor sekarang udah gampang, tinggal nyatuin bumbu aja. Bawang merah, bawang putih, kemiri udah jadi bumbu tinggal kasih santan selesai opornya. Santan juga bisa ditemuin di supermarket di sana udah banyak jual jadi, dalam saset,“ kata Sisca yang jagoan dalam memasakan makanan Indonesia.

Meskipun bnyak bumbu instan yang dijual secara bebas di negara-negara di luar Indonesia. Namun yang harus diperhatikan adalah kehalalannya. Negara-negara non-muslim saat ini juga sudah peduli dengan sertifikasi halal. Ada baiknya tetap melihat kemasan dan tokonya untuk mencek kehalalannya. (iel)

Baca Juga:

Rendang Jadi Makanan Favorit Masyarakat Oxford


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH