Tidak Keluarkan Fatwa soal Sukmawati, MUI: Beliau Sudah Minta Maaf Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Rais Aam KH Ma'ruf Amin (Foto MUI)

MerahPutih.com - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin mengungkapkan pihaknya tidak akan mengeluarkan fatwa kepada masyarakat terkait puisi berjudul 'Ibu Negara' yang dibacakan oleh Sukmawati Soekarnoputi.

Menurut dia, ibu Sukmawati telah sungguh-sungguh datang ke gedung MUI untuk melakukan permohonan maaf.

"Tidak ada (fatwa).Ya orangnya sudah minta maaf, sudah mengatakan tidak ada niat, sudah gitu. Nah jadi ya kita saya kira tidak perlu itu, untuk," ujar Ma'ruf di gedung MUI Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/4).

Ma'ruf Amin menuturkan, pihaknya mengeluarkan fatwa bila orang yang berbuat salah itu tidak datang ke MUI untuk meminta maaf.

Sukmawati Soekarnoputri. Foto: ANTARA

"Tapi kalau orangnya ngeyel, ngengkel, baru kita keluarin. Orangnya dateng minta maaf, kalau begitu kan ya sudahlah, tapi kalau orangnya nantang, baru MUI keluarin fatwa. Kira kira begitu kan," jelasnya.

Lebih lanjut, Rais 'Aam PBNU itu mengatakan pihaknya juga siap kapanpun untuk menjadi penengah mediasi antara putri Bung Karno tersebut dengan umat muslim.

"MUI itu selalu siap untuk membangun keutuhan bangsa itu selalu siap. Jangankan siang, malem pun kita siap," tutupnya. (Asp)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH