Tidak Hanya Estetis, Tanaman Hias Indoor Baik untuk Kesehatan Tanaman indoor tidak hanya bermanfaat untuk estetika, tetapi juga untuk kesehatan. (Foto: Curbed Seattle)

BANYAKNYA waktu luang di rumah membuat kamu mengeksplorasi banyak hobi baru untuk mengisi waktu luang. Ada banyak hal yang dapat dilakukan meski di rumah saja. Salah satunya adalah menata ulang atau mendekorasi setiap sudut di ruangan di rumah kamu.

Membuat ruangan menjadi lebih estetis tentu akan menumbuhkan rasa puas untuk diri kita. Kamu juga bisa menghias ruangan dengan berbagai macam tanaman indoor yang memiliki banyak manfaatnya.

Baca juga:

Menuai Berbagai Manfaat dari Bercocok Tanam

Tanaman hias dalam ruangan saat ini sedang naik daun dan banyak diminati oleh berbagai kalangan. Tidak hanya orang tua, anak muda juga berminat untuk mendekorasi kamarnya agar semakin instagrammable. Lalu, apa saja sih manfaat dari tanaman hias di dalam ruangan?

Tidak Hanya Estetis, Tanaman Hias Indoor Baik untuk Kesehatan
Lidah Mertua (Snake Plant), tanaman indoor yang memiliki banyak manfaat. (Foto: La Residence)

Tidak hanya mempercantik ruangan, pada dasarnya tanaman membantu mengurangi polusi udara. Hal ini juga berlaku untuk tanaman hias dalam ruangan yang membantu menyegarkan pernapasan kamu di dalam rumah.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan NASA, tanaman dalam ruangan bisa menghilangkan racun yang ada di udara sebesar 87% dalam sehari.

Salah satu tanaman yang sering disebutkan dapat menyerap polutan yang terkandung di dalam udara adalah Lidah Mertua.

Mungkin kamu sering merasakan banyaknya debu bertebaran di dalam rumah ketika musim kemarau. Nah, kamu bisa menggunakan tanaman indoor sebagai salah satu solusi untuk melembabkan udara yang akan membantu membantu menyerab debu-debu.

Hal ini menjadikan tanaman menjadi salah satu solusi pengganti air humidifir yang alami karena kandungan airnya yang mampu menjaga keseimbangan tingkat kelembaban udara dalam ruangan.

Tidak Hanya Estetis, Tanaman Hias Indoor Baik untuk Kesehatan
Menata meja kantor dengan berbagai macam tanaman indoor. (Foto: Time Magazine)

Manfaat lain dari menanam tanaman dalam ruangan adalah mengobati rasa stres atau sakit kepala yang biasa dirasakan para pekerja kantoran.

Biasanya lingkungan kantor yang tidak memiliki sirkulasi udara yang baik karena kurangnya ventilasi atau tingkat CO2 yang tinggi di dalam satu ruangan.

Atau mungkin kamu menghabiskan waktu hampir lebih dari delapan jam penuh dengan pendingin ruangan (AC) akan menganggu kesehatan pernapasan. Namun, dengan meletakkan tanaman di dalam ruangan kantor, akan membantu mengurangi rasa stres. (ren)

Baca juga:

4 Tanaman Hias Pembersih Udara dalam Rumah


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH