Tidak Bisa Perkuat Timnas U-23, Ezra Walian Didukung Pesepakbola Thailand Pesepakbola Thailand, Charyl Chappuis (7). Foto: FIFA

MerahPutih.com - Pesepakbola Thailand, Charyl Chappuis memberikan dukungan kepada Ezra Walian yang tidak bisa perkuat timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi AFC Cup U-23 2020 di Vietnam.

Bekas penyerang Ajax Amsterdam itu batal bela skuat Garuda Muda di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 karena FIFA mempersalahkan statusnya. Pasalnya, Ezra pernah tampil bersama timnas Belanda U-17 pada 2013 silam. Atas dasar tersebut, FIFA tidak mengizikan sang pemain berseragam timnas Indonesia.

Ezra Walian. Foto: PSSI

Nasib serupa pernah dialami Chappuis. Pemain naturalisasi Thailand itu sempat tidak bisa perkuat The War Elephant pada Kualifikasi Piala Asia 2015 kontra Lebanon. Sebab, gelandang Muangthong United itu pernah menjadi bagian timnas Swiss U-17.

"Saya sangat prihatin kepada kamu [Ezra] setelah mendengar kabar bahwa kamu akan melewatkan turnamen ini. Akan tetapi saya yakin jika federasi [PSSI] mempersiapkan seluruh dokumen dengan tepat, kamu akan bermain untuk Indonesia di masa depan. Saya berharap yang terbaik untuk pertandingan Thailand melawan Indonesia," tulis Chappuis di akun Instagramnya, @7charyl, Jumat (22/3).

Chappuis mengaku kasus Ezra sama seperti yang dialaminya beberapa tahun lalu.

"Saya juga melalui hal yang sama di 2013 ketika mendapat panggilan pertama ke tim nasional. Hal itu terjadi karena Federasi Thailand tidak mempersiapkan seluruh dokumen ke FIFA. Jadi saya melewatkan laga pertama melawan Libanon. Saya harap semuanya akan baik-baik saja dan Ezra akan bermain untuk Indonesia di masa depan," sambungnya.

Chappuis lahir di Kloten, Swiss. Ia besar di negara Eropa tersebut sehingga bisa memperkuat timnas Swiss berbagai kelompok umur sejak 2006 sampai 2011. Kemudian, ia pindah ke Thailand dan bergabung bersama Buriram United.

"Satu hal lagi. Bermain di negara kelahiran ibu saya, Thailand, mengubah hidup saya. Melihat wajah-wajah bahagia saat kami bermain bola itu tidak tergantikan. Saya harap kamu [Ezra] bisa merasakan yang sama pada masa mendatang," ujarnya. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH