Tidak Berkampanye Lagi, Gibran Ikut Upacara HUT Ke-52 Korpri dan Ikrar Netralitas ASN

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 29 November 2023
Tidak Berkampanye Lagi, Gibran Ikut Upacara HUT Ke-52 Korpri dan Ikrar Netralitas ASN
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (tengah-depan) saat mengikuti upacara HUT ke-52 Korspri di Balai Kota Solo, Rabu (29/11). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Wali Kota Solo yang juga calon wakil presiden (cawapres) nomor 2 Gibran Rakabuming Raka tidak berkampanye pada hari kedua jadwal kampanye yang ditetapkan KPU RI, Rabu (29/11).

Cawapres yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) ini memilih mengikuti upacara HUT Ke-52 Korpri dan Ikrar Netralitas ASN Pemkot Solo di halaman Balai Kota Solo.

Ketua Bawaslu Solo Budi Wahyono hadir sebagai pembina dalam upacara tersebut. Upacara diikuti ratusan ASN di Kota Solo dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Baca Juga:

Pendukung Prabowo-Gibran Diklaim Migrasi Dukungan ke Ganjar-Mahfud MD

Upacara tersebut ditutup dengan pembacaan ikrar Netralitas ASN Pemilu 2024 yang dibacakan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Dwi Aryatno diikuti seluruh ASN.

Ketua Bawaslu Solo Budi Wahyono, mengatakan, sudah selayaknya ASN menjaga netralitas tidak mendukung salah satu paslon di Pilpres 2024.
Netralitas ASN diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

Ia berharap, ASN Pemkot Solo menjunjung tinggi netralitas serta bekerja dengan profesional tanpa konflik kepentingan. Hal itu untuk mewujudkan Pemilu 2024 damai dan berintegritas.

“Semua pejabat negara, pejabat struktural, pejabat fungsional, serta kepala desa maupun lurah dilarang melakukan tindakan menguntungkan atau merugikan peserta Pemilu,” kata Budi.

Baca Juga:

Awali Kampanye, TKN Prabowo-Gibran Bagi-bagi Makan Siang dan Susu Gratis di Seluruh Indonesia

Salah satu contoh pelanggaran yang diantisipasi, kata dia, penggunaan mobil dinas pada saat kampanye. Namun demikian, dikecualikan terkait kegiatan pengamanan, misalkan Pasukan Pengamanan Presiden bertugas memberikan pengamanan kepada Gibran yang merupakan putra Presiden Jokowi

“Sejauh ini belum ada temuan di Kota Solo. Kita tetap lakukan pengawasan,” katanya.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendukung netralitas ASN di Pemilu 2024. Ditanya terkait aktivitas kampanye pada hari kedua, ia enggan berkomentar.

“Saya pakai baju ini (Korpri), jadi tidak jawab pertanyaan politik (kegiatan kampanye hari kedua). Terima kasih,” tandasnya.

Kemarin, Selasa (28/11), Gibran memilih tetap masuk kerja di hari pertama masa kampanye. Dia mengaku pada minggu ini fokus menyelesaikan beberapa pekerjaan mendesak, salah satunya persiapan final Piala Piala Dunia U-17. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Gibran Urus Final Piala Dunia U-17, Prabowo Tetap Kerja sebagai Menhan

#Gibran Rakabuming #Pilpres 2024
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan