Tidak Banyak Diketahui, Ini 3 Manfaat Berpelukan untuk Kesehatan Mental Terdapat manfaat kesehatan khususnya untuk mental kita dari hangatnya pelukan (Foto: Pixabay/Free-Photos)

SETIAP orang pasti memiliki momen hangat ketika mereka mendapatkan sebuah pelukan, walaupun hanya satu sampai dua menit saja. Apalagi jika pelukan itu datang dari orang yang kita sayangi. Ada penenelitian yang mengungkapkan bahwa manusia membutuhkan empat pelukan dalam sehari untuk bertahan hidup lo.

Meskipun belum terbukti kebenarannya, namun tidak perlu di ragukan lagi bahwa pelukan memang diperlukan oleh semua manusia.

Kamu harus tahu bahwa pelukan memberikan banyak manfaat kesehatan yang sudah terbukti secara ilmiah. Selain itu, ternyata berpelukan selama 20 detik dengan pasangan dapat mencegah perselingkuhan.

Menurut penelitian, berpelukan dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, menyembuhkan depresi, dan mengurangi stres. Berikut beberapa manfaat berpelukan sekaligus alasan mengapa kamu membutuhkannya setiap hari. Yuk simak!

1. Menurunkan tingkat stres dan memumpuk perasaan aman

Tidak Banyak Diketahui, Ini 3 Manfaat Berpelukan untuk Kesehatan Mental
Tidak hanya dengan pasangan, berpelukan bisa kurangi stres (Foto: Pixabay/StockSnap)


Bersentuhan melalui dekapan yang hangat menimbulkan rasa nyaman dan otot-otot yang tegang akan mereda sehingga mengurangi stres.

Dekapan saat berpelukan dapat membuat kita merasakan kenyamanan dan keamanan yang muncul dari dasar ketenangan saat kita berada dalam dekapan seseorang.

Walaupun hanya satu sampai dua menit tapi itu sudah sangat bisa membuat perasaan kamu menjadi lebih baik lo.

2. Membuat hubungan hangat dan membuat suasana hati lebih baik

Tidak Banyak Diketahui, Ini 3 Manfaat Berpelukan untuk Kesehatan Mental
Terbukti dapat membuat hubungan lebih hangat (Foto: Pixabay/StockSnap)


Kenyataanya, tidak seorang pun yang menginginkan pasangannya berselingkuh. Nah, jika sedang dalam hubungan yang tidak baik, ada baiknya kamu melakukan hal berpelukan selama 20 detik yang dipercayai dapat menambah kehangatan hubungan.

Karena rasa cinta saat memeluk akan tumbuh dan mencegah pasangan kita tergoda dengan yang lain lo. Sama halnya dengan cokelat, berpelukan dapat merubah mood seseorang menjadi lebih baik.

3. Memproduksi lebih banyak hormon cinta

Tidak Banyak Diketahui, Ini 3 Manfaat Berpelukan untuk Kesehatan Mental
Hormon oksitosin muncul secara alami saat kamu berpelukan (Foto: Pixabay/Takazart)


Hormon oktosin adalah hormon kuat yang bisa mendekatkan seseorang dengan orang lain, hormon ini juga terkenal dengan sebutan "hormon cinta".

Hormon tersebut akan muncul dengan cara alami yaitu dengan cara berpelukan selama 20 detik. Menurut penelitian pasangan akan merasakan rasa aman dan penuh cinta pada saat mereka berpelukan. (gsh)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH