Tidak Ada Korban Jiwa Dari Jatuhnya Helikopter TNI AD di Ciwidey

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Minggu, 28 Mei 2023
Tidak Ada Korban Jiwa Dari Jatuhnya Helikopter TNI AD di Ciwidey
Kecelakaan Helikopter. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Helikopter TNI Angkatan Darat (AD) yang jatuh di Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu, adalah milik mereka dan menyatakan tak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

"Heli tersebut diperkirakan jatuh sekitar pukul 13.30 waktu setempat, hingga terbakar. Namun tidak ada korban jiwa, baik dari prajurit TNI AD yang melaksanakan latihan, maupun dari masyarakat sekitar," kata Kadispenad Brigjen TNI Hamim Tohari.

Baca Juga:

Helikopter Jatuh di Ciwidey Bandung

Hamim menjelaskan, helikopter nahas tersebut berjenis Bell 412 milik TNI AD yang mengalami kecelakaan saat digunakan mendukung latihan pra tugas Batalyon Infanteri 300/BJW di kawasan Kampung Boyongbong, Desa Patenggang, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu.

Dalam kejadian tersebut, semua kru heli yang berjumlah lima orang, seluruhnya dalam kondisi selamat, dan hanya mengalami luka-luka akibat benturan.

"Saat ini seluruh kru heli telah dievakuasi ke RS Dustira, Cimahi, guna mendapatkan penanganan medis," tuturnya.

Hamim menjelaskan, helikopter milik TNI AD tersebut dioperasionalkan oleh Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad) dalam latihan pra tugas, baik dalam mobilisasi udara maupun dukungan logistik.

Untuk kronologis dan penyebab jatuhnya heli hingga saat ini masih dalam penyelidikan oleh pihak berwenang.

"Dan TNI AD telah mengirimkan tim investigasi untuk menangani kasus kecelakaan heli tersebut," ucap Hamim.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo menyebut ada sebuah helikopter yang digunakan untuk latihan jatuh di kawasan Ciwidey, tepatnya di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu.

Adapun peristiwa itu diketahui pada Minggu petang sekitar pukul 15.00 WIB. Helikopter itu diduga terjatuh di tengah perkebunan dan mengalami kebakaran.

"Helikopter latihan terjatuh, saya dalam perjalanan ke Ciwidey," kata Kusworo. (Pon)

Baca Juga:

Helikopter Wisatawan Jatuh di Vietnam, 2 Orang Tewas

#Kecelakaan #TNI AD
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan