Tiba-Tiba Sakit Saat Traveling? Jangan Panik! Jangan panik kalau tiba-tiba sakit (Foto: Pixabay/silviarita)

AWALNYA semuanya berjalan baik-baik saja, kamu lagi asyik berjemur di pantai. Lalu berbelanja di pusat oleh-oleh. Tapi tiba-tiba saja kamu jadi enggak enak badan. Kamu terserang flu, berkeringat berlebihan atau tenggorokan kamu kering.

Wajar saja sebenarnya kamu terserang penyakit saat traveling. Penyebabnya bisa beragam. Karena banyak kuman dan bakteri bertebaran sepanjang perjalanan, apalagi di pesawat. Belum lagi pergantian cuaca saat kamu tiba di tempat tujuan. Tubuh kamu bisa enggak siap beradaptasi.

Namun, kamu enggak perlu panik. Tiba-tiba kamu sakit saat traveling bukan berarti kamu harus mengakhiri perjalanan wisata kamu. Ada beberapa cara simpel yang bisa kamu lakukan untuk memulihkan kondisi tubuh kamu.

Inilah yang bisa kamu lakukan menurut laman Travel Leisure.

1. Tetap terhidrasi

Air putih dapat memperkuat sistem imun tubuh (Foto: Pixabay/rawpixel)

Inilah cara termudah yang bisa kamu lakukan. Jagalah tubuh kamu terhidrasi dengan banyak mengonsumsi air putih. "Air akan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda sehingga lebih cepat menjadi lebih baik," kata ahli gastroenterologi, Dr. Roshini Rajapaksa. Selain itu, dia juga menyarankan agar menghindari paparan sinar matahari. Sebab panas matahari akan membuat kamu dehidrasi.

2. Tidur dan mandi air hangat

Tidur itu sangat penting (Foto: Pixabay/cuncon)

Setidaknya isi satu hari agenda perjalanan kamu untuk beristirahat. Perbanyak istirahat dan tidur di kamar penginapan kamu. "Tidur sangat penting," kata Dr. Rajapaksa. Sementara itu, Craig Webb, Direktur Medis Area di MedExpress menyarankan untuk mandi dengan air hangat. "Sembuhkan diri dengan mandi air hangat untuk membersihkan sinus Anda, minum teh panas untuk meredakan sakit tenggorokan dan tidur siang," sarannya.

3. Memanggil dokter melalui pihak hotel

Dokter akan memberikan beragam obat-obatan (Foto: Pixabay/voltamax)

Biasanya tempat penginapan memiliki layanan dokter. Jika kamu masih belum sembuh-sembuh, sebaiknya segera menghubungi pihak hotel untuk meminta kedatangan dokter. Kamu akan diberikan berabagi macam obat-obatan untuk pertolongan pertama oleh dokter hotel. "Jika Anda merasa sangat parah, pergilah ke ruang gawat darurat," terang Dr. Rajapaksa.

4. Mengonsumsi makanan bergizi

Perbanyak mengonsumsi makanan sehat (Foto: Pixabay/cattalin)

Dr. Rajapaksa merekomendasikan untuk mencari makanan hambar dan menghindari makanan mentah dan susu. Cobalah memesan nasi putih, pasta, atau kaldu, dan jika layanan kamar tidak memiliki pilihan yang layak, lihat apakah bahan makanan yang disiapkan atau makanan di restoran cocok untuk kondisi kamu yang enggak sehat.

Sahabat Merah Putih, enggak perlu panik ya kalau tiba-tiba sakit saat traveling. (ikh)

Baca juga: Pentingnya Memiliki Karakter Sebagai Travel Vloger

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH