Tiba di Stasiun Purwosari Solo, Pemudik dari Bandung Langsung Masuk Karantina Petugas Dishub Solo bersama anggota TNI-Polri mendata pemudik yang turun di Stasiun Purwosari, Solo, Jawa Tengah, Selasa (7/4). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Sebanyak empat orang pemudik dari Bandung, Jawa Barat tujuan Solo, Jawa Tengah tiba di Stasiun Purwosari, Solo. Mereka langsung di antar ke lokasi karantina selama 14 hari di Graha Wisata Niaga, Selasa (7/4). Setelah dikarantina pemudik ini dinyatakan orang dalam pengawasan (ODP) COVID-19.

Koordinator pengawasan pemudik di Stasiun Purwosari Solo, Sutrisno Herlambang mengatakan keempat pemudik tersebut diantarkan menuju lokasi karantina di Graha Wisata Niaga, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Solo, Jawa Tengah dengan dijemput armada angkutan umum bus Batik Solo Trans (BST). Penjemputan pemudik tujuan Solo itu sudah Sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah dilakukan simulasi Senin kemarin.

Baca Juga

Jakarta Resmi PSBB, Polisi Pastikan Orang Masih Bebas Keluar-Masuk Jakarta

"Saat dibawa ke lokasi karantina khusus pemudik di Graha Wisata Niaga, keempat orang pemudik ini kami lihat tidak melakukan penolakan," ujar Sutrisno kepada MerahPutih.com.

Petugas Dishub Solo bersama anggota TNI-Polri mendata pemudik yang turun di Stasiun Purwosari, Solo, Jawa Tengah, Selasa (7/4). (MP/Ismail)
Petugas Dishub Solo bersama anggota TNI-Polri mendata pemudik yang turun di Stasiun Purwosari, Solo, Jawa Tengah, Selasa (7/4). (MP/Ismail)

Sebelum dijemput petugas tim penanggulangan COVID-19 Kota Solo, kata Sutrisno, keempat orang pemudik ini dilakukan pendataan oleh anggota Kodim 0735/Surakarta, Polresta Solo, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Solo. Setelah dilakukan pendataan, selanjutnya dari pihak keluarga diberitahu petugas supaya tidak panik mencarinya.

"Keempat orang pemudik ini satu rombongan dari Bandung menuju ke Solo dengan menumpang KA Kahuripan. Tiba di Stasiun Purwosari pukul 8.55 WIB dan langsung di karantina," kata dia.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengecek kesiapan kamar untuk karantina warga di Ndalem Joyokusuman. (MP/Ismail)
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengecek kesiapan kamar untuk karantina warga di Ndalem Joyokusuman. (MP/Ismail)

Sutrisno mengatakan pemudik dari zona merah COVID-19 sesuai aturan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo harus di karantina di tiga lokasi yang telah disediakan Pemkot Solo. Ketiga lokasi karantina, yakni Ndalem Joyokusuman, Ndalem Priyosuhartan, dan Graha Wisata Niaga.

"Khusus Graha Wisata Niaga untuk karantina pemudik dari zona merah corona. Sedangkan Ndalem Joyokusuman dan Ndalem Priyosuhartan untuk karantina warga Solo penduduk lokal bukan pemudik," pungkasnya. (*)

Baca Juga

Jokowi tak Larang Mudik, Profesor UGM: Lebih Penting Ekonomi atau Nyawa Rakyat?

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH