Threads Tambahkan Fitur Polling dan GIF untuk 'Kejar' X

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 27 Oktober 2023
Threads Tambahkan Fitur Polling dan GIF untuk 'Kejar' X
Threads update dua fitur baru untuk kejar X. (Foto: azamat-e/unsplash)

PERSAINGAN antara Meta dan X masih berlanjut, baru-baru ini Threads telah menambahkan fitur Polling dan GIF untuk mengejar X. Polling dan GIF bisa dibuat oleh pengguna saat ingin menaikkan unggahan. Kepala Instagram Adam Mosseri mengungkapkan bahwa perusahaan sedang menguji jumlah tampilan pada unggahan Threads, unggahan yang disematkan pada profil serta balasan dari pengguna lain.

Mengutip laman Engadget, sebelumnya pengguna dapat menggunakan GIF menggunakan keyboard third-party atau dengan copy/paste dari tempat lain, dengan hasil yang beragam, namun tidak ada tombol GIF di aplikasi itu sendiri. Sekarang, pengguna akan melihat tombol GIF di layar pembuatan kiriman di sebelah tombol galeri gambar, dan menampilkan GIPHY library yang bisa dipilih.

Baca juga:

Meta akan Blokir Topik yang Berpotensi Sensitif di Threads

Persaingan Meta dan X masih belum berakhir. (Foto: The Verge)

Fitur Polling di Threads, menurut The Verge, memiliki tiga opsi dan hitung mundur berapa lama pengguna harus memberikan suara secara real time. Pengguna punya opsi yang dapat dipilih untuk melihat hasil polling, setelahnya Threads akan mengirimi notifikasi ketika polling selesai.

Pembaruan Threads, termasuk di antaranya kedua fitur di atas, mungkin sebelumnya telah dikenal oleh pengguna X. Aplikasi yang dulunya bernama Twitter itu sempat meluncurkan view counts (penghitungan jumlah tampilan) pada Desember 2022, dan sepertinya Adam Mosseri menyukai konsep itu.

"Jumlah view sangat menarik, saya pikir jika kami meluncurkan Instagram atau Facebook hari ini, kami mungkin akan memilikinya. Fitur itu memberi orang rasa yang lebih baik tentang jangkauan mereka, dan umumnya lebih banyak feedback adalah hal yang baik,” kata Mosseri dikutip dari The Verge, Kamis (26/10).

Baca juga:

Threads Tak akan Beri Ruang untuk Konten Berita

Fitur ini masih dalam tahap uji coba dan hanya bisa dirasakan oleh sabagian kecil user. (Foto: azamat-e/unsplash)

Unggahan yang disematkan (Pinned posts) adalah fitur utama dari profil X. Tetapi Threads berinovasi pada ide tersebut dengan memungkinkan pengguna menyematkan pin pada sebuah postingan. Mosseri mengatakan bahwa uji coba jumlah tampilan dan pin di Threads saat ini sedang dilakukan.

Threads diluncurkan pada Juli 2023, dan Meta sangat senang dengan kemajuannya. CEO Meta Mark Zuckerberg mengungkapkan bahwa aplikasi ini telah memiliki hampir 100 juta pengguna aktif bulanan. Angka ini lumayan tinggi untuk sebuah aplikasi yang belum berumur satu tahun. (aqb)

Baca juga:

Kiriman Akun Threads Bisa Terlihat di Facebook, Pengguna Threads Protes

#Media Sosial #Threads #Meta
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan