Selebritas

The Weeknd Sumbang Rp14,5 Miliar untuk Korban Kelaparan di Ethiopia

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 07 April 2021
The Weeknd Sumbang Rp14,5 Miliar untuk Korban Kelaparan di Ethiopia
The Weeknd donasi Rp14,5 miliar untuk Ethiopia. (Foto: Instagram/@theweeknd)

LUPAKAN sejenak berita tentang konflik yang terjadi antara The Weeknd dengan Grammy Awards. Tepat pada perayaan hari Paskah 4 April 2021, penyanyi asal Kanada tersebut menaruh simpati atas konflik berkelanjutan yang terjadi di Ethiopia hingga menyebabkan bencana kelaparan.

Ia pun berinisiatif dengan menyumbangkan dana sebesar US$1 juta atau sekitar Rp14,5 miliar untuk membantu masyarakat Ethiopia memerangi bencana kelaparan yang terjadi.

Baca juga:

The Weeknd Boikot Grammy Awards

“Hatiku hancur melihat saudaraku di Ethiopia mulai dari anak kecil hingga lansia mengalami ketakutan, kelaparan, dan penderitaan akibat konflik,” tulis The Weeknd dalam unggahan Instagramnya, Minggu (4/4).

View this post on Instagram

A post shared by The Weeknd (@theweeknd)

“Aku akan menyumbangkan satu juta dolas AS untuk menyediakan dua juta makanan melalui Program Pangan Dunia PBB, dan mendorong siapapun untuk ikut berdonasi untuk mereka,” lanjutnya.

Dilansir dari NME, pada November 2020, kekerasan antara pemerintah daerah dan pemerintah federal di wilayah Tigray sering terjadi. Terhitung lebih dari satu juta orang telah mengungsi akibat konflik, dengan lebih dari 4,5 juta orang diperkirakan masih membutuhkan bantuan.

Baca juga:

The Weeknd Tampil Spektakuler di Super Bowl 2021

Menurut laporan New York Times pada Februari 2021, sebuah laporan internal dari pemerintah Amerika Serikat mengatakan para pejabat di Ethiopia ‘memimpin kampanye sistematis pembersihan etnis’ di wilayah Tigray. Hal tersebut menyebabkan beberapa daerah di wilayah tersebut hampir kelaparan.

Diketahui bahwa, penyanyi bernama asli Abel Makkonen Tesfaye ini, memiliki orangtua yang berasal dari Ethiopia tetapi bermigrasi ke Kanada sebelum ia dilahirkan.

View this post on Instagram

A post shared by The Weeknd (@theweeknd)

Bukan hanya kali ini saja The Weeknd melakukan kegiatan amal tersebut. Tahun lalu, musisi tersebut juga menyumbang ke banyak organisasi, salah satunya ke organisasi kesetaraan ras.

Setelah insiden pembunuhan yang terjadi pada George Floyd dengan dana yang disumbangkan sebesar US$1 juta dolar, serta berdonasi kepada korban ledakan dahsyat di Lebanon sebesar US$300 ribu atau sekitar Rp21 juta.

Bahkan, The Weeknd merupakan salah satu dari sejumlah selebritas yang menyumbangkan mikrofon yang ditandatangani untuk sebuah lelang amal. Guna membantu pemuda yang terdampak oleh pandemic COVID-19. Beberapa diantaranya ada Billie Eilish, Paul McCartney hingga Damon Albarn. (far)

Baca juga:

Album Baru The Weeknd Terinspirasi dari Tahun 2020

#Selebritas #Penyanyi Amerika #The Weeknd #Ethiopia #Donasi #Kelaparan
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan