Musik

The Weeknd Muak dengan Grammy

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 06 Agustus 2021
The Weeknd Muak dengan Grammy
The Weeknd tak peduli lagi dengan Grammy Awards. (Instagram @theweeknd)

PENYANYI The Weeknd benar-benar ngambek dari Grammy. Pelantun Blinding Lights ini mengungkapkan ia tidak peduli lagi dengan Grammy. Awal tahun ini, penyanyi bernama asli Abel Tesfaye ini mengatakan ia tidak akan mendaftarkan segala karyanya pada penghargaan Grammy. Protes keras itu disebabkan albumnya yang bertajuk After Hours tidak mendapatkan satu nominasi pun pada penghargaan tertinggi dalam industri musik dunia tersebut.

Padahal, The Weeknd merupakan satu dari sekian musisi yang diharapkan masuk ke beberapa nominasi, bahkan mungkin memiliki peluang yang besar untuk menang. Album After Hours mendapatkan banyak pujian dari kritikus dan berhasil melahirkan beberapa lagu hit, salah satunya ialah Blinding Lights.

BACA JUGA:

The Weeknd Tetap Kekeh Boikot Grammy

Kejadian itu membuat The Weeknd merasa kecewa. Ia menyebut ada komite rahasia dalam acara tersebut yang bertugas menentukan nominasi. Atas dasar kekecewaan yang dirasakannya terhadap Grammy, kini The Weeknd berencana tidak lagi mendaftarkan karya-karyanya di masa depan sebagai bahan pertimbangan dalam Grammy Awards.

the weeknd
Blinding Lights merupakan salah satu lagu hit dalam album After Hours milik The Weeknd. (Foto_Official Charts)

Ia menjelaskan Grammy tidak pernah menjadi salah satu tujuannya dalam menciptakan suatu karya. Ia merasa bahwa segala karya yang ia buat didasarkan atas kecintaannya terhadap dunia musik. Tidak untuk sekedar mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari Grammy. "Mungkin, album itu tak cukup bagus. Aku tak lagi peduli. Alasanku membuat musik bukanlah untuk Grammy. Aku lega bisa membuat musik tanpa memusingkan penghargaan semacam itu. Aku tak akan pernah membahasnya lagi," ujarnya dalam wawancara dengan majalah GQ, dikutip Rollingstone, (3/8).

BACA JUGA:

Tidak Dapat Nominasi, The Weeknd 'Ngambek' Tuduh Grammy Awards Korup

Beberapa orang memberi masukan kepada The Weeknd untuk tetap menghasilkan musik yang lebih baik lagi, sehingga bisa masuk dan memenangi satu dari beberapa kategori dalam Grammy. Namun, ia merasa memang akan terus berusaha untuk dapat menghasilkan karya yang lebih baik lagi di masa depan, bukan untuk mendapatkan penghargaan Grammy.

the weeknd
The Weeknd berencana untuk tidak lagi mendaftarkan karya-karyanya di Grammy. (Foto_USA Today)

Organisasi Recording Academy yang setiap tahunnya mengadakan penghargaan Grammy memiliki komite ahli yang anonim untuk meninjau ribuan musisi profesional dunia untuk masuk nominasi Grammy. Komite itu memegang keputusan akhir pada 61 dari 84 kategori yang dimiliki Grammy.

Sebelum The Weeknd, musisi top lainnya juga telah mengkritik dan memblokir karya milik mereka untuk masuk ke Grammy. Mereka antara lain Beyonce, Kanye West, Solange, dan Frank Ocean. Mereka menilai Grammy tidak menghormati musisi kulit hitam walaupun genre lagu yang mereka ciptakan, seperti hip-hop, soul, dan reggaeton, mendominasi pasar musik global.(cit)

BACA JUGA:

The Weeknd Menang Banyak, Cek Daftar Pemenang iHeartRadio Music Awards 2021

#Musik #The Weeknd
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan